Penumpang Kampung Rambutan Berlipat 99 Persen

Red: Yudha Manggala P Putra

Senin 13 Aug 2012 13:17 WIB

Sejumlah petugas kepolisian dan Pasukan Brimob Polda Metro Jaya melintas depan bus antar kota antar provinsi saat pengamanan terminal di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Selasa (23/8). Foto: Antara/M Agung Rajasa Sejumlah petugas kepolisian dan Pasukan Brimob Polda Metro Jaya melintas depan bus antar kota antar provinsi saat pengamanan terminal di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Selasa (23/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Jumlah penumpang yang berangkat mudik menggunakan bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, pada beberapa hari menjelang lebaran 1433 Hijriah terus melonjak. Pada Ahad (12/8) tercatat peningkatan bahkan naik  hingga 99 persen dari hari sebelumnya.

"Jumlah penumpang cukup besar tapi masih tertampung dan bisa terangkut dengan baik oleh bus yang ada," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Dwi Basuki di Jakarta, Senin (13/8).

Jumlah penumpang yang berangkat pada Ahad (12/8) dari terminal itu sebanyak 13.020 dengan menggunakan 566 unit bus. Sedangkan pada Sabtu (11/8) penumpang yang mudik melalui Kampung Rambutan berjumlah 6.558 orang dengan menggunakan 553 unit bus.

Menurut Dwi Basuki, jumlah penumpang akan terus meningkat hingga hari lebaran tiba dengan kemungkinan rata-rata pertambahan per hari yang bervariasi di atas 50 persen.

Selain penambahan jumlah orang yang berangkat, Terminal Kampung Rambutan juga ketambahan kedatangan penumpang dari luar kota pada Ahad sebanyak 9.685 orang dengan menggunakan bus yang berjumlah 594 unit.

Terminal Kampung Rambutan melayani pemberangkatan bus dengan tujuan jarak dekat dan menengah seperti ke Jawa Barat dan Jawa Tengah, kemudian jarak jauh untuk ke Jawa Timur dan Pulau Sumatera.