Belum Banyak Pemudik Yang Melintas di Jalan Lintas Sumatera

Rep: mursalin yasland/ Red: Taufik Rachman

Sabtu 11 Aug 2012 14:41 WIB

Perjalanan Mudik Foto: ANTARA/M Agung Rajasa Perjalanan Mudik

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG -- Memasuki H-8, para pemudik yang mengendarai kendaraan pribadi dan penumpang bus yang melintas di jalan lintas tengah (jalinteng) dari Pelabuhan Bakauheni hingga Terminal Rajabasa, Bandar Lampung, masih lengang pada Sabtu (11/8). Kondisi ini mebuat arus lalu lintas masih lancar dan aman.

Dari pantauan di jalinteng ruas Jalan Soekarno-Hatta, Sabtu (11/8), pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi berpelat nomor polisi asal Jawa masih bisa dihitung dengan jari. Begitu juga sebaliknya, kendaraan pribadi yang melintas dari arah Palembang menuju Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

Belum terlihat adanya peningkatan volume kendaraan pemudik tersebut, membuat arus lalu lintas di jalinteg dalam kota tidak terjadi kemacetan. Kenaikan jumlah kendaraan pribadi asal luar Lampung akan terlihat pada malam hari. Pemudik lebih memilih mudik malam hari karena kondisi cuaca siang hari panas dan jalan berdebu.

Indra Wisnu, warga Cibubur, mengatakan ia dan keluarga lebih memilih mudik lebih awal menggunakan mobil pribadi ke Palembang, karena kondisi jalan masih sepi, dan antrean masuk kapal di Selat Sunda tidak banyak. "Kami mudik semalam (Jumat, 10/8), masih sepi, di kapal juga lancar," ungkap bapak dua anak yang berniat Lebaran di Palembang.

Menurut pegawai negeri di Jakarta ini, dirinya tidak mau terulang lagi mudik Lebaran mendekati hari H tahun lalu, karena sudah sering terjebak macet di pelabuhan dan di jalan lintas timur. "Kalau bisa dihindari mudik dekat hari Lebaran," ungkapnya.

Bus-bus yang mengangkut penumpang dari Terminal Rajabasa menuju Pelabuhan Bakauheni pun masih sepi penumpang. Bus masih mengetem lama di terminal menunggu penumpang penuh baru berangkat. Menurut Totok, supir bus Rajabasa-Bakauheni, lonjakan penumpang baru terlihat nanti ketika anak sekoah libur pada Senin (13/8).

"Biasanya kalau anak sekolah sudah libur baru banyak penumpang yang mudik Lebaran<" kata Totok. Ia mengatakan biasanya seperti Lebaran tahun lalu, jumlah penumpang membeludak saat menjelang Lebaran, terjadi di Pelabuhan Bakauheni. Penumpang asal Pulau Jawa ini, akan mudik ke berbagai daerah di Lampung dan Sumatra Selatan.