Asyik... Pemudik Roda Dua Disiapkan Bus

Rep: Asep Wijaya/ Red: Djibril Muhammad

Jumat 10 Aug 2012 20:57 WIB

Pemudik roda dua Foto: Antara Pemudik roda dua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menyiapkan bus bagi pengendara motor berpenumpang anak-anak yang hendak melakukan mudik Lebaran. Bus tersebut merupakan donasi dari sejumlah perusahaan yang peduli terhadap keselamatan pemudik yang akan menuju kampung halamannya.

Ketua Posko Lebaran di Wilayah Polda Metro Jaya, Kompol Miyanto, menjelaskan, jumlah anak-anak yang meninggal dunia saat musim mudik di daerah Jakarta dan sekitarnya cenderung meningkat.

Tercatat, sebut dia, pada 2010, anak berusia 1-10 tahun yang meninggal dunia sebanyak sepuluh, sedangkan pada 2011, jumlahnya bertambah menjadi 16. "Sebagian besar dari mereka menggunakan motor," ungkap Miyanto di Kantor KPAI, Jumat (10/8).

Untuk itu, tutur Miyanto, dalam upaya meminimalisasi angka kematian tersebut, Polda Metro jaya bekerja sama dengan beberapa perusahaan tengah menjalin kerja sama pengadaan bus bagi pemudik. Bus tersebut, ungkap dia, akan ditempatkan pada satu titik di Pintu Keluar Kedung Waringin Kabupaten Tangerang.

Rencananya, ujar Miyanto, bila petugas di lapangan mendapati kendaraan roda dua yang berpenumpang anak-anak dan tingkat keselamatannya dinilai kurang memadai, maka pengendara kendaraan itu akan diberhentikan. Kemudian, ucap dia, ibu dan anak yang menumpang motor tersebut diminta untuk naik ke dalam bus yang telah disediakan dan ayahnya akan mengendarai motor.

"Nanti mereka akan bertemu di check point tertentu yang dekat dengan kampung halamannya," jelas Miyanto kepada Republika.

Namun begitu, Miyanto belum bisa menyebutkan jumlah bus yang tersedia dan perusahaan yang memberikan donasinya. Hal itu, menurut dia, dikarenakan proses jalinan kerja samanya masih berlangsung sehingga belum dapat dipastikan jumlahnya.

"Bus pasti ada, tapi belum tahu berapa jumlahnya, tapi sepertinya Mayasari dan Hiba turut mendonasikan," ucap Miyanto.