Jalur Alternatif Cikamurang Nyaman untuk Mudik

Red: Hafidz Muftisany

Kamis 09 Aug 2012 08:36 WIB

Persiapan jalur mudik/ilustrasi Foto: Antara Persiapan jalur mudik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU - Jalur alternatif Cikamurang, Kabupaten Indramayu, dari arah tol Sadang Purwakarta melalui Subang nyaman dan aman bagi pemudik, setelah jalan bergelombang dan berlubang selesai dibenahi.

"Jalur alternatif Cikamurang dari arah Sadang menuju Cijelag melintasi Kabupaten Indramayu, nyaman dan aman, sehingga diperkirakan jalan tersebut akan dipadati pemudik," kata Brigadir Ujang, petugas polisi lalu lintas di Cijelag, Kamis (9/8).

Ia mengatakan jalur alternatif membantu mengurai kemacetan di jalan utama pantura dari arah Ciasem Kabupaten Subang melalui Sukra Indramayu keluar arah Susukan di perbatasan Cirebon, selain nyaman arah Cikamurang, udaranya masih segar karena pemudik melintasi kawasan hutan jati.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan semua jalur alternatif bisa digunakan pemudik, dengan aman dan nyaman, seperti Cikamurang yang akan selesai diperbaiki sebelum H-10 Lebaran.

Ia mengatakan jalan alternatif membantu mengurangi kepadatan arus kendaraan di jalur pantura mulai dari Kabupaten Karawang, Subang, Indramayu hingga losari Cirebon di perbatasan dengan Jawa Tengah.