Jalur Pantura Jateng Mulai Lancar

Red: Didi Purwadi

Senin 29 Aug 2011 08:26 WIB

Sejumlah kendaraan terjebak macet saat akan melintasi jembatan kali Pemali di jalur Pantura, Brebes, Jateng. Foto: Antara/Oky Lukmansyah Sejumlah kendaraan terjebak macet saat akan melintasi jembatan kali Pemali di jalur Pantura, Brebes, Jateng.

REPUBLIKA.CO.ID,BREBES - Memasuki H-2 Lebaran atau Senin (29/8) pagi, jalur pantai utara (pantura) Jawa Tengah mulai sepi. Ini setelah arus kendaraan pemudik pada Ahad (28/8) malam padat merayap, baik di pintu keluar tol Pejagan maupun jalur pantura Brebes.

Menurut petugas Pos Pam Exit Tol Pejagan, Brigadir Rudi, kepadatan arus kendaraan pemudik mulai menurun dibanding Ahad malam. Arus kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah melalui tol Pejagan semalam berlangsung padat merayap hingga ke jalur utama pantura.

"Sejak pagi tadi tidak terlihat lagi kepadatan kendaraan pemudik seperti pada hari-hari sebelumnya,'' katanya. ''Kini arus lalu lintas di pintu keluar tol hingga pantura dan jalur tengah sudah lancar."

Berdasarkan penghitungan sementara Pos Pam Exit Tol Pejagan, pada H-2 Lebaran mulai pukul 00.00-07.00 WIB jumlah kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah tercatat 6.100 unit. Jumlah tersebut terdiri atas mobil pribadi 5.477 unit, mobil beban 394 unit, dan bus 226 unit.

Penurunan volume kendaraan tersebut, katanya, karena sebagian besar pemudik melakukan perjalanan pulang kampung ke sejumlah kota di Jawa Tengah pada H-3 dan H-4. Puncak arus mudik Lebaran 2011 terjadi pada H-4 dan H-5 Lebaran dengan jumlah kendaraan masuk ke Jawa Tengah melalui tol Pejagan mencapai lebih dari 73 ribu unit.

"Jalur Pejagan hingga pertigaan pantura yang sejak beberapa hari lalu padat kendaraan, hari ini sudah normal kembali seperti hari biasa," katanya.