Puncak Arus Mudik Diprediksi pada Sabtu

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Siwi Tri Puji B

Jumat 26 Aug 2011 16:16 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Masyarakat yang melakukan mudik telah terlihat sejak awal pekan ini. Kepadatan para pemudik di jalur-jalur utama mudik telah terlihat. Namun Polri memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 atau Sabtu (27/8).

"Diprediksi pada H-3 puncak arus mudik," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Anton Bachrul Alam yang ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8).

Anton menambahkan puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan atau sekitar H-3 dan H-2. Pasalnya telah dipantau ada peningkatan pemudik beberapa hari terakhir. Arus mudik sendiri telah terlihat sejak empat hari lalu atau pada awal pekan ini.

Untuk jumlah pemudik pada tahun ini, Polri memperkirakan adanya peningkatan sekitar 4,14 persen. Pada 2010, ada sebanyak 14,143 jutaorang pemudik dan diperkirakan menjadi 15,572 juta orang pemudik.

Untuk mengantisipasi adanya kecelakaan, ia mengimbau agar setiap kendaraan mudik menjaga jarak amannya. Selain itu, pemudik juga diimbau untuk beristirahat di pos-pos yang telah disediakan.

"Kepada kendaraan roda dua yang akan mudik jarak jauh sebaiknya menggunakan kapal yang sudah disiapkan gratis di pelabuhan tni angkatan laut, Tanjung Priok, Jakarta Utara, dan dapat melapor kepada Polres KP3," imbaunya.