Ribuan Pemudik Sepeda Motor Memenuhi Pelabuhan Merak

Red: Krisman Purwoko

Jumat 26 Aug 2011 13:42 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,MERAK--Ribuan pemudik sepeda motor yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni Lampung pada H-4 Idul Fitri 1432 H/2011 memenuhi tenda yang disediakan oleh pihak PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak. "Saya sudah antre sejak pukul 12.00 WIB bersama dengan ribuan pemudik lainnya di dermaga yang telah disediakan," kata salah seorang pemudik Wawan Hermawan, Jumat.

Dia menjelaskan, sejak datang, antrean kendaraan pemudik sepeda motor sudah terjadi. "Sejak saya datang, antrean pemudik sudah ada, dan saya juga harus ikut antre dengan yang lain," katanya menambahkan.

Hal senada diungkapkan Kusniadi. Menurut bapak dua orang anak ini, dirinya sudah mengantre satu jam di tenda dekat "toll gate". "Untung tendanya besar dan panjang, dan seluruh pemudik sepda motor tertampung semua, tidak ada yang kepanasan," katanya.

Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak La Mane mengatakan, semakin dekat Idul Fitri, peningkatan penumpang dan kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni juga meningkat. "Seperti yang sudah saya sampaikan, peningkatan kendaraan dan penumpang akan terus terjadi sampai H-2," kata La Mane.

Pantauan dilapangan, sejak Kamis (25/8) malam, para pemudik sepeda motor makin ramai melintas di jalur kota, mereka umumnya satu keluarga, selain membonceng istri, ada juga pemudik yang membawa dua anaknya ditambah dengan barang bawaan.

Saat ini, pemudik sepeda motor masih terus berdatangan masuk ke Pelabuhan Merak, mereka umumnya warga Jakarta dan Bekasi, tetapi ada juga sepeda motor yang beromor polisi, Bogor, Sukabumi, Bandung, Solo dan Semarang.