Pintu Masuk Pelabuhan Merak Dilengkapi CCTV

Red: Siwi Tri Puji B

Selasa 23 Aug 2011 16:00 WIB

Suasana di Pelabuhan Merak (Ilustrasi) Foto: ANTARA Suasana di Pelabuhan Merak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK - Delapan pintu masuk atau toll gate kendaraan di Pelabuhan Merak dilengkapi dengan kamera CCTV, selain itu lima dari empat dermaga juga dilakukan hal yang sama.

"Seluruh toll gate kendaraan roda dua dan empat di Pelabuhan Merak sudah disiagakan kamaera CCTV, termasuk di dermaga," kata Direktur Usaha Pelabuhan PT Angkutan Sungai Danu dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Prasetyo B Utomo, Selasa.

Dia menjelaskan, pemasangan kamera CCTV yang dilakukan dan operasionalkan PT ASDP Merak, sudah berlangsung selama dua tahun. "Keberadaan kamera CCTV sangat membantu keberadaan kendaraan yang ada," katanya menambahkan.

Namun kata dia, kamera CCTV tidak ditempatkan di dermaga V, karena kondisi dermaga lima agak menjorok dan menjauh, sehingga dapat terpantau dari kamera-kamer yang ada. "Untuk di dermaga V memang tidak terpasang, tatapi kami masih bisa mantau dermaga tersebut dari kamera CCTV yang tauh dari lokasi itu, apalagi di gang way dermaga lima sudah ada dua kamera CCTV," ujarnya.

Senada diungkapkan La Mane. Menurut dia, dari 24 kamera CCTV yang ada didalam Pelabuhan Merak, sudah mewakil semua lokasi didalam pelabuhan yang menajdi konsentrasi pengguna jasa transportasi. "Dari 24 kamera CCTV, kami sudah bisa memantau secara keseluruan are Pelabuhan Merak," ujarnya.

Ke-24 titik pemasangan kamera CCTV selain di delapan toll gate, dan empat dermaga di Pelabuhan Merak, juga menyebar disejumlah titik diantaranya dua di gang way dermaga V, satu di jembatan timbang, satu di menara air, satu di lobby kantor ASDP, satu di Stasiun KA merak, dua di Gedung Bundar, sati di loket dan tiga kamera CCTV di ruang tunggu penumpang.