Hatta Radjasa Lepas 5.000 Pemudik

Red: taufik rachman

Selasa 23 Aug 2011 11:19 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa melepas 5000 pemudik dalam kegiatan "Mudik Gratis Bareng PAN" untuk diberangkatkan ke berbagai daerah di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

"Di hari kelahiran PAN ini, kami ingin membagi kebahagiaan bersama masyarakat, khususnya mereka yang kurang mampu, sehingga mereka dapat merayakan Idul Fitri 1432 bersama dengan keluarganya di kampung," kata Hatta usai melepas keberangkatan pemudik di Parkir Timur Senayan Jakarta, Rabu.

Menuru Hatta, penyelenggaraan "Mudik Gratis Bareng PAN" juga diadakan dalam rangka memperingati hari kelahiran PAN ke-13 yang jatuh pada tanggal 23 Agustus 2011. Selain karena ingin memperhatikan dan perlu membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat kurang mampu, diakuinya bahwa kegiatan tersebut juga sebagai wujud rasa syukur PAN.

Hatta menyebutkan sebagian besar pemudik yang mengikuti kegiatan itu adalah berprofesi sebagai buruh dan pekerja di sektor informal serta UKM. Para pemudik ini adalah bagian penggerak ekonomi nasional. "Mereka tak bisa dipandang sebelah mata karena mereka turut menggerakkan ekonomi nasional sehingga patut diberikan penghargaan," katanya.

Ketua Panitia "Mudik Gratis Bareng PAN" H. A Bakri HM mengatakan bahwa setiap menjelang akhir Ramadhan, harga tiket bus, kereta api, kapal laut dan moda angkutan umum lain selalu mengalami kenaikan.

Bakri mengingatkan kenaikan harga tiket tersebut cukup memberatkan sebagian warga masyarakat perantau di Jakarta, bahkan kerap terjadi kenaikan harga tiket hingga 100 persen.

Dijelaskannya, sebanyak 100 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) disiapkan untuk mengantar pemudik ke daerah - daerah yang menjadi tujuan mudik. Daerah tersebut antara lain, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Lampung dan Sumatera Selatan.

"Ketika sampai di daerah tujuan, para pemudik akan disambut oleh DPD PAN setempat, bahkan para pemudik akan mendapatkan fasilitas gratis rompi, bingkisan, tajil, maupun door prize di dalam perjalanan," katanya.

Terpopuler