Kecuali Angkut Sembako, Truk Dilarang Melintas di Jalur Mudik Mulai H-3

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Siwi Tri Puji B

Senin 22 Aug 2011 13:48 WIB

Pantura, Sabtu pekan lalu, saat tim arus mudik Republika melakukan pemantauan. Foto: Republika / Tahta Aidilla Pantura, Sabtu pekan lalu, saat tim arus mudik Republika melakukan pemantauan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah sudah menyiapkan berbagai hal mengantisipasi arus mudik. Menurut Menteri Perhubungan, Freddy Numberi, semua kendaraan jenis truk sudah dilarang melintas  di jalur-jalur mudik pada H-3 lebaran. "pengecualian untuk truk yang mengangkut sembako," katanya.

Freddy yakin pelaksanaan mudik pada 2011 ini diharapkan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Segala persiapan telah dilakukan, dari transportasi maupun jalan. "Dari hasil pantauan, kita beberapa kali kita melihat mudah-mudahan 2011 ini lebih baik,"ujarnya.

Menteri Perhubungan mengatakan persoalan angkutan sudah selesai H minus 10 kemarin. Seperti adanya penambahan kapal karena prediksi peningkatan pemudik terutama di Merak - Bakahueni.

Pemudik menggunakan sepeda motor diperkirakan meningkat tujuh persen. Kemudian kendaaran mobil pribadi juga meningkat enam persen.

"Terutama pemudik sepeda motor, sama seperti tahun lalu kami imbau untuk naik kapal atau kereta api sehingga aman," ujarnya, di Kantor Presiden, Senin (22/8).