Keberangkatan Penumpang Kereta Api Masih Normal

Rep: mg06/ Red: Hazliansyah

 Senin 13 Aug 2012 12:18 WIB

Calon penumpang mengantre pemesanan tiket di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (7/6). Tiket kereta api untuk pemberangkatan H-4 dan H-3 Lebaran atau tanggal 16 dan 17 Agustus 2012 ludes terjual untuk semua jurusan di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Foto: antara Calon penumpang mengantre pemesanan tiket di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (7/6). Tiket kereta api untuk pemberangkatan H-4 dan H-3 Lebaran atau tanggal 16 dan 17 Agustus 2012 ludes terjual untuk semua jurusan di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah keberangkatan penumpang dari dua stasiun di Jakarta, Stasiun Gambir dan Stasiun Senen masih normal. Pada H-7 kemarin, terhitung keberangkatan penumpang dari kedua stasiun tersebut masih berada di angka 14.507 penumpang per hari.

"Kalau dari stasiun Senen kemarin ada 3.469 yang berangkat," ujar Mateta Rijalulhaq Kepala DAOP (daerah operasi) I KAI, Ahad (12/8).

Mateta memperkirakan lonjakan arus mudik akan terjadi pada H-3 lebaran. "Sepertinya tanggal favorit penumpang ada di tanggal 16,17 dan 18 Agustus. Jadi sampai sekarang masih stabil," ungkapnya. "Pada tanggal itu diprediksi keberangkatan penumpang di dua stasiun itu bisa 28 ribu setiap harinya," tambahnya.

Mateta memastikan jumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta api di lebaran kali ini menurun. Hal ini setelah pihaknya tidak lagi menjual tiket berdiri.

"Sekarang kan kita tidak mengizinkan lagi penumpang yang berdiri, tidak seperti tahun-tahun kemarin. Selain tidak manusiawi hal itu dilakukan untuk mengurangi pemandangan penumpang yang berdesakkan di dalam kereta," ungkapnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X