Pemudik Tujuan Bandung Diimbau Berangkat Sebelum H-5

Red: Hazliansyah

 Sabtu 11 Aug 2012 22:25 WIB

Pemudik sepeda motor Foto: Antara Pemudik sepeda motor

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Kapolres Karawang AKBP Arman Achdiat mengimbau agar pemudik bersepeda motor tujuan Bandung dan sekitarnya berangkat sebelum H-5 lebaran 2012, karena setelah H-5 akan diberlakukan jalur mudik khusus sepeda motor yang akan tembus ke jalur Pantura.

"Sebaiknya, warga Karawang dan sekitarnya, termasuk warga Jakarta, jika akan mudik menggunakan sepeda motor menuju wilayah Bandung dan sekitarnya, bisa berangkat sebelum H-5 lebaran agar nantinya tidak ikut rombongan pemudik tujuan Jawa Tengah dan sekitarnya," kata Kapolres di Karawang, Sabtu.

Dikatakannya, setelah H-5 lebaran, para pemudik bermotor tujuan Bandung dan sekitarnya harus masuk ke jalur mudik khusus sepeda motor yang tembus ke jalur Pantura. Jalur mudik motor tersebut ialah Johar-Lamaran-Telagasari-Lemahabang Wadas-Krasak-Cikalong dan tembus ke jalur Pantura Karawang.

Sedangkan biasanya, jalur menuju Bandung dan sekitarnya ialah melintasi jalan utama Karawang-Kosambi-Curug-Purwakarta-Bandung. "Mulai H-5 lebaran nanti, para pemudik tidak akan melintasi jalur utama Karawang, tetapi akan diarahkan ke jalur mudik khusus motor tembus ke jalur Pantura," kata dia.

Dikatakannya, dengan diberlakukannya jalur mudik khusus sepeda motor, maka seluruh pemudik dari arah Jakarta dengan berbagai tujuan akan melewati jalur mudik khusus motor itu.

Menurut dia, dengan diberlakukannya jalur khusus sepeda motor yang tembus ke jalur Pantura Karawang, maka dengan terpaksa pemudik bersepeda motor tujuan Bandung dan sekitarnya pun harus berputar mengikuti jalur yang diberlakukan itu.

"Pemudik bermotor tujuan Bandung dan sekitarnya harus mengikuti jalur yang telah ditetapkan hingga ke jalur Pantura. Sebab kalau pemudik motor tujuan Bandung diarahkan ke jalur utama, pemudik lain tujuan Jawa Tengah akan ikut tumpah ke jalur utama Karawang," katanya.

Jika itu terjadi, maka akan terjadi kemacetan panjang di beberapa titik jalur utama Karawang tersebut, dan juga akan terjadi kemacetan parah di Simpang Jomin. Sebab pemberlakuan jalur khusus sepeda motor itu bertujuan agar pemudik bermotor tidak melintasi Simpang Jomin.

Dengan mengikutinya pemudik bermotor tujuan Bandung dan sekitarnya melewati jalur Pantura Karawang, maka mereka akan berputar arah ke wilayah Cikopo, Purwakarta, terlebih dahulu untuk melintasi jalur menuju Bandung dan sekitarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X