Rabu 03 May 2023 08:03 WIB

Menkominfo Pastikan Infrastuktur Digital KTT ke-42 ASEAN Memadai

Infrastruktur digital dan jaringan komunikasi publik untuk KTT ASEAN memadai

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Pemandangan dari AYANA Komodo Waecicu Beach yang akan menjadi tempat kegiatan  KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023.
Foto: Republika/Dwina Agustin
Pemandangan dari AYANA Komodo Waecicu Beach yang akan menjadi tempat kegiatan KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memastikan bahwa infrastruktur digital dan jaringan komunikasi publik untuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) memadai.

"Dari sisi persiapan sudah hampir rampung semuanya, juga didukung dengan teknologi dan infrastruktur digital telekomunikasi yang memadai, baik itu serat optik, jaringan 4G maupun pengalaman menggunakan jaringan 4G," ujar Johnny usai mengunjungi pusat media dan lokasi pelaksanaan rangkaian KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dalam siaran pers, Selasa (2/5/2023).

Menkominfo Johnny menyatakan fasilitas layanan komunikasi publik akan disiapkan dengan standar yang sama seperti saat pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia tahun lalu, namun, tetap disesuaikan dengan kondisi yang ada di Labuan Bajo.

Fasilitas tersebut diharapkan dapat memudahkan para awak media dalam meliput dan memberitakan substansi pertemuan maupun sisi-sisi lain dari kesuksesan gelaran KTT ke-42 ASEAN 2023.

Menkominfo menjelaskan bahwa jurnalis peliput KTT ASEAN di Labuan Bajo berasal dari media lokal, nasional, media regional ASEAN, hingga media internasional. Guna mendukung kerja jurnalis, pemerintah menyiapkan pusat media yang berlokasi di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo.

"Ada tiga ruangan dengan kapasitas yang bisa menampung sebanyak 340 pekerja media. Untuk diketahui, hingga sore ini sebanyak 319 jurnalis dari media nasional, media ofisial, dan koresponden media asing telah diverifikasi melakukan peliputan KTT ke-42 ASEAN 2023," kata Johnny.

Johnny menyampaikan terdapat tujuh unit stan yang bisa digunakan media penyiaran yang meliput secara langsung. Selain itu, tersedia pula ruang konferensi pers yang bisa menampung hingga 200 orang jurnalis dengan fasilitas raiser untuk jurnalis foto dan kameraman.

"Untuk kebutuhan pelayanan kesehatan, juga disediakan ruang medis, dan awak media bisa memanfaatkannya. Ruang makan selain restoran hotel, juga akan dibangun tenda dengan kapasitas 144 kursi terletak di sebelah (ruang) konferensi pers, yang juga dilengkapi dengan WiFi dan ethernet sehingga bisa digunakan oleh awak media, meskipun di ruang tersebut tidak ada unit komputer," ucap Johnny.

Menkominfo juga menyatakan ada stan dengan back wall untuk kerja jurnalis yang dibangun di beberapa titik berlatar belakang pantai, hotel dan taman. Sementara awak redaksi bersama pengelola komunikasi publik KTT ke-42 ASEAN 2023 berada di lantai 6 Hotel Bintang Flores.

Johnny mengatakan seluruh ruangan di hotel tersebut dijadwalkan akan rampung dalam dua hari mendatang. Adapun pada Jumat (5/5/2023) direncanakan akan dilakukan gladi.

Sebagai penanggung jawab bidang komunikasi, media, dan hubungan masyarakat KTT ke-42 ASEAN 2023, Johnny mengharapkan agar rangkaian kegiatan tersebut dapat berlangsung sukses.

Menurut dia, persiapan Indonesia selaku tuan rumah sudah luar biasa dan setara dengan penyelenggaraan KTT G20 di Bali, November tahun lalu.

"Mudah-mudahan, semuanya akan berjalan dengan lancar dan akan membawa dan mengharumkan nama Indonesia di kancah regional, di ASEAN, dengan tiga pilar penting yang menjadi agenda Bapak Presiden Joko Widodo saat KTT ASEAN berlangsung tujuh hari mendatang," kata Johnny.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement