Senin 01 May 2023 00:29 WIB

Arus Balik H+7 Lebaran, Stasiun Bandung Masih Ramai Pemudik

Pemudik yang didominasi pekerja masih memadati Stasiun Bandung.

Calon penumpang kereta api lokal Bandung Raya menunggu kedatangan kereta di Stasiun Bandung, Jalan Stasiun Barat, Kota Bandung.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Calon penumpang kereta api lokal Bandung Raya menunggu kedatangan kereta di Stasiun Bandung, Jalan Stasiun Barat, Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Stasiun Bandung masih ramai oleh arus balik dari masyarakat yang selesai mudik, Ahad (30/4/2023), atau H+7 dalam periode Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 ini. Masyarakat yang berangkat dari Stasiun Bandung pada hari ini, kebanyakan adalah para pekerja yang berakhir masa cutinya dan akan kembali bekerja pekan depan, atau para mahasiswa yang akan mulai studi kembali pekan depan.

"Ya saya memilih untuk kembali hari ini karena biar besok bisa istirahat dulu sebelum kembali bekerja lusa. Anak-anak juga kan mulai sekolah Selasa jadi ya pilih malam ini berangkat," kata seorang penumpang tujuan Jakarta Dodi di Stasiun Bandung, Ahad.

Baca Juga

Senada, seorang mahasiswa bernama Angga memilih untuk berangkat ke Yogyakarta pada Ahad karena perkuliahannya akan dimulai pada hari Selasa (2/4/2023), dan berbarengan dengan waktu keberangkatan bersama beberapa rekannya.

"Setelah menghabiskan waktu bersama keluarga cukup lama, saya harus kembali ke rutinitas sebagai mahasiswa. Kebetulan banyak juga barengannya hari ini sama teman-teman, mudah-mudahan lancar di perjalanan," ucapnya.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung Mahendro Trang Bawono mengungkapkan bahwa meski hari Minggu ini masih terlihat keramaian arus balik, sesungguhnya puncak arus balik dari Stasiun Bandung telah lewat. Dari data yang dicatat oleh PT KAI, pada tanggal 30 April 2023 ini ada sebanyak 7.793 tiket terjual untuk keberangkatan Stasiun Bandung, adapun puncak keberangkatan arus balik adalah tanggal 25 April 2023, di mana sebanyak 8.832 penumpang yang berangkat dari Stasiun Bandung.

"Memang masih tinggi tingkat penumpangnya, meskipun puncaknya (arus balik) sepertinya sudah berlalu. Besok juga sepertinya sama seperti hari ini," kata Mahendro.

Adapun di Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung, tambah Mahendro, arus balik yang merupakan kedatangan di Stasiun khusus kereta ekonomi tersebut pada hari Ahad ini adalah sebanyak 4.677 penumpang tiba, namun tidak sebanyak pada Sabtu (29/4).

"Untuk Kiaracondong, berdasarkan data sementara puncak arus balik/kedatangan yaitu kemarin tanggal 29 April 2023 dengan 4.846 penumpang yang tiba," ucapnya.

Dalam menghadapi arus balik, kata Mahendro, KAI melakukan antisipasi yang tidak berbeda jauh ketika arus mudik yakni memperlancar alur penumpang dan mengurai kepadatan antrean dengan menempatkan petugas di hampir seluruh stasiun untuk bersiaga membantu pelanggan. Selain dari sisi petugas untuk meningkatkan kesiapan di stasiun, Mahendro menambahkan, KAI Daop 2 Bandung juga mengoperasikan sebanyak tiga KA tambahan yang mulai beroperasi sejak awal arus mudik, yang kemudian ditambah satu KA lagi dalam periode arus balik.

Tiga KA tambahan itu adalah Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng (PP), Ciremai Pagi relasi Bandung-Semarang Tawang (PP), dan Lodaya Tambahan relasi Bandung-Solo yang beroperasi mulai 14 April 2023 sampai 2 Mei 2023. Adapun satu KA tambahan yang dioperasikan saat periode arus balik adalah Argo Parahyangan Tambahan relasi Bandung-Gambir yang beroperasi pada 25-30 April 2023.

"Dengan adanya tambahan kereta api tersebut, tempat duduk yang tersedia bertambah 2.232 atau total selama periode angkutan lebaran sebanyak 36.558 tempat duduk. Itu kira-kira per hari secara total angkutan reguler dan tambahan bisa tersedia 14.504 tempat duduk," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement