Jumat 28 Apr 2023 18:28 WIB

Arus Balik Tol Cipali Mulai Landai, Sistem One Way Berakhir

Arus balik mudik di Tol Cipali mulai landai, Jumat (28/4/2023).

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Nora Azizah
Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di ruas Tol Cipali.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di ruas Tol Cipali.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Arus lalu lintas kendaraan yang melintasi Tol Cikopo–Palimanan (Cipali), mulai landai, Jumat (28/4/2023). Penerapan sistem one way untuk arus balik pun resmi ditutup sejak Kamis (27/4/2023).

Dengan berakhirnya one way, maka arus lalu lintas dua arah dari Cirebon menuju Jakarta maupun sebaliknya, kembali diberlakukan. Hal itu sesuai dengan koordinasi dan arahan dari Korlantas Polri.

Baca Juga

Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo, mengatakan, volume lalu lintas yang melewati Tol Cipali kemarin sebesar 81 ribu kendaraan. Sedangkan volume kendaraan yang melintas di Ruas Tol Cipali sejak H-10 sampai H+4 lebaran tercatat sebanyak 1,5 juta kendaraan.

"Sampai hari ini, kami masih memberlakukan diskon tarif tol arus balik. Tarif diskon itu berlaku sampai dengan Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB, khusus kendaraan golongan 1 yang bertransaksi menggunakan kartu uang elektronik," kata Sri Mulyo, Jumat (28/4/2023). 

Adapun pemberlakukan diskon tarif tol ini berlaku bagi para pengguna jalan yang melakukan perjalan dari Gerbang Tol Kalikangkung dan keluar di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama). 

Sri Mulyo menambahkan, pihaknya mengajak pengguna jalan untuk selalu tertib berkendara dan menaati rambu-rambu lalu lintas yang berlaku. Patuhi rambu batas kecepatan minimal 60 km per jam dan maksimal batas kecepatan 100 km per jam.

"Apabila kondisi fisik sudah mulai lelah, segera beristirahat di rest area terdekat atau keluar gerbang tol terdekat untuk berwisata kuliner sembari memulihkan kondisi fisik," pungkas Sri Mulyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement