Rabu 26 Apr 2023 07:50 WIB

Hadirkan 'Zooforia', Kunjungan Wisatawan ke Semarang Zoo Melonjak Drastis

Pengunjung bisa merasakan interaksi langsung dengan satwa.

Sejumlah pengunjung melihat unta (Camelus dromedarius) di Kebun Binatang Semarang Zoo, Jawa Tengah.
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Sejumlah pengunjung melihat unta (Camelus dromedarius) di Kebun Binatang Semarang Zoo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Selama libur Lebaran 2023, tingkat kunjungan ke Taman Margasatwa Semarang atau Semarang Zoo di Jawa Tengah mencapai rata-rata 8.000 wisatawan per hari. Jumlah itu naik signifikan dibandingkan hari-hari biasa.

"Kunjungan wisatawan rata-rata 8.000 orang per hari. Kebetulan, kami kan menggelar 'Zooforia' selama libur Lebaran ini," kata Direktur Semarang Zoo Choirul Awaludin di Semarang.

Semarang Zoo menggelar 'Zooforia' mulai 22-30 April 2023 untuk menyambut wisatawan pada libur Lebaran 2023 dengan beragam hiburan dan atraksi. Termasuk interaksi satwa dengan pengunjung.

Tingkat kunjungan wisatawan pada hari-hari biasa, kata dia, kisaran 3.000-4.000 orang sehingga kenaikannya hampir 100 persen untuk kunjungan wisatawan pada libur Lebaran tahun ini.

Bahkan, Awaludin menyebutkan kunjungan wisatawan pada dua hari Lebaran di satu-satunya kebun binatang di Kota Atlas itu mencapai 8.700-an orang.

Selama 'Zooforia', program animal show disiapkan di beberapa titik yang mengangkat konsep baru sehingga pengunjung bisa merasakan interaksi langsung dengan satwa di Semarang Zoo yang memiliki koleksi 240 satwa itu.

Pengunjung Semarang Zoo bisa berinteraksi dengan aves atau beraneka burung dan bermacam-macam hewan herbivora, yakni pemakan tumbuhan dan rumput.

Ada pula beraneka wahana yang bisa dinikmati pengunjung, seperti play-play dan wisata air. Selain itu, di beberapa lokasi juga sudah disiapkan sebagai pusat informasi, termasuk pos kesehatan dan keamanan bekerja sama dengan kepolisian, TNI, dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Ia berharap pengunjung bisa semakin nyaman dan aman dalam berwisata di Semarang Zoo dengan keberadaan pusat-pusat informasi itu karena petugas kepolisian, TNI, dan PMI akan selalu bersiaga.

"Harga tiket masih sama, tidak naik. Hari biasa Rp 20 ribu, Sabtu-Ahad Rp 25 ribu, kemudian libur nasional Rp 30 ribu," kata Awaludin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement