Sabtu 22 Apr 2023 12:39 WIB

Sigap dan Kompak, Pemuda Gereja Salib Kuning Lakukan Pengamanan Sholat Ied di Malang

Para pemuda kristen ini menyambut saudara-saudar muslim mereka dengan berbahagia.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemuda Gereja Salib Kuning memberikan pengamanan kegiatan shalat Ied di Masjid Baiturrahman, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (22/4/2023).
Foto: Dok. Humas Polres Malang
Pemuda Gereja Salib Kuning memberikan pengamanan kegiatan shalat Ied di Masjid Baiturrahman, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (22/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kegiatan sholat Ied di Masjid Baiturrahman, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur berjalan lancar, Sabtu (22/4/2023). Kegiatan yang dihadiri sejumlah stakeholder Forkopimda ini turut diamankan oleh TNI/Polri, dinas terkait, Satpol PP, Banser, bahkan pemuda gereja/Kristen

Pemuda Kristen sendiri diketahui turut membantu warga untuk menyeberang jalan. Kemudian juga membantu memarkirkan kendaraan yang dibawa jemaah.

Baca Juga

Koordinator Pemuda Gereja Salib Kuning, Bambang Sumedi mengatakan, aksi ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi umat Islam yang sedang merayakan Idul Fitri. "Kita yang datang melakukan pengamanan ada lebih dari 10 orang, seluruhnya terpusat disini," kata Bambang di Kabupaten Malang.

Pengamanan sholat Ied di masjid yang dilakukan kelompok pemuda Kristen dari Salib Kuning ini tercatat sudah untuk yang kesepuluh kalinya. Menurut Bambang, pengamanan masjid ini dilakukan sebagai wujud toleransi antarumat beragama. Kemudian juga dijadikan sebagai bentuk persaudaraan sejati di Kabupaten Malang.

Sebelumnya, kata dia, pada waktu perayaan Natal pihaknya juga sering dibantu. Hal ini menunjukkan kerukunan antarumat bergama di Kabupaten Malang saat ini sangat tinggi. Itu karena masyarakat telah menyadari bahwa hidup rukun dan saling berdampingan sangat indah.

Pihaknya berharap sikap toleransi di Kabupaten Malang ini dapat menjadi contoh bagi wilayah lain di Indonesia. "Harapannya toleransi yang sudah terjalin baik dapat terus ditingkatkan dan juga diterapkan di seluruh wilayah maupun daerah lain," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement