Jumat 21 Apr 2023 21:39 WIB

Pergerakan Penumpang di Seluruh Bandara AP II Capai 2 Juta Orang Selama Arus Mudik Lebaran

Pergerakan penumpang di seluruh bandara AP II meningkat signifikan.

Calon penumpang pesawat antre untuk check in di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten.
Foto: Republika/Prayogi
Calon penumpang pesawat antre untuk check in di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II mencatat pergerakan penumpang pesawat di seluruh bandara yang dikelola AP II sejak H-10 (12/4/2023) sampai H-2 (20/4/2023) Lebaran 2023 secara kumulatif menembus 2 juta penumpang. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (21/4/2023), mengatakan, jumlah penumpang yang mencapai 2 juta orang hanya dalam delapan hari tersebut merupakan tren yang sangat positif.

"Lebih dari itu, kenaikan jumlah penumpang cukup signifikan ini dapat dikelola dengan baik oleh AP II dan para stakeholder sehingga arus mudik berjalan dengan lancar. Kami berterima kasih kepada seluruh personel bandara, baik itu personel AP II maupun dari institusi lainnya yang telah bekerja keras memastikan pemudik dapat kembali ke kampung halaman dengan nyaman melalui bandara-bandara AP II," kata Awaluddin.

Baca Juga

Berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran 2023 AP II, pergerakan penumpang pada H-10 sampai H-2 di 20 bandara AP II tercatat 2,06 juta penumpang atau meningkat sekitar 26 persen dibandingkan dengan periode sama di angkutan Lebaran 2022 sebanyak 1,63 juta penumpang. Sementara itu, pergerakan pesawat tercatat 15.840 penerbangan atau naik 17 persen.

Ia menuturkan, banyaknya jumlah penumpang tersebut tidak lepas juga dari kesiapan AP II dan pihak terkait dalam mengantisipasi periode angkutan Lebaran 2023.

"Kami sudah memproyeksikan bahwa lalu lintas penerbangan pada angkutan Lebaran 2023 akan tinggi dan hampir menyamai angkutan Lebaran 2019 saat kondisi belum ada pandemi. Sejalan dengan itu, kami menyiapkan rencana operasi guna memastikan untuk dapat mengakomodir tumbuhnya permintaan," tuturnya.

AP II, lanjut dia, juga memastikan ketersediaan slot time penerbangan untuk mengakomodir permintaan yang ada untuk mendukung operasional penerbangan tambahan (extra flight) dari maskapai. Selain itu, kebijakan pemerintah terkait cuti bersama juga mendukung kelancaran arus mudik di bandara AP II.

"Arus mudik berjalan lancar di bandara AP II. Selain karena kesiapan yang telah dilakukan AP II, kelancaran arus mudik juga tidak lepas dari kebijakan pemerintah menambah cuti bersama untuk memecah konsentrasi keberangkatan pemudik," ungkap Awaluddin.

Sementara itu, AP II juga menginformasikan sepanjang H-10 hingga H-2 di periode angkutan Lebaran 2023, bandara AP II yang paling sibuk melayani pemudik adalah Bandara Soekarno-Hatta. Pada periode itu, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta tercatat 1,24 juta penumpang atau naik 19 persen dibandingkan dengan periode yang sama di angkutan Lebaran 2022. Sementara itu, jumlah penerbangan meningkat 5 persen dari 8.547 penerbangan menjadi 8.975 penerbangan.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan pada peak season angkutan Lebaran 2023, Bandara Soekarno-Hatta menggelar berbagai event dan kegiatan di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3 sebagai upaya memberikan pelayanan lebih kepada para pemudik.

"Sepanjang periode angkutan Lebaran, Bandara Soekarno-Hatta menggelar bazar dan menampilkan berbagai kesenian seperti musik gambus, rampak bedug, tari sufi, dan banyak lagi lainnya. Kami berharap dengan berbagai event dan kegiatan ini para pemudik dapat terhibur di tengah peak season angkutan Lebaran 2023," kata dia.

Selain Bandara Soekarno-Hatta, tercatat bandara AP II tersibuk selama arus mudik H-10 sampai H-2, yaitu Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement