Jumat 21 Apr 2023 14:42 WIB

Ganjar Capres 2024, Jokowi Hargai Keputusan Megawati

Jokowi mengingatkan kepada Ganjar agar terus melanjutkan program pemerintah.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan nama Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) untuk Pemilu 2024. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan agar pemimpin baru harus terus melanjutkan visi bangsa dan program-program unggulan pemerintah yang telah dicanangkan.

“Pergantian pemimpin tidak boleh membelokkan keberlanjutan perjuangan bangsa Indonesia yang harus terus dilanjutkan dari waktu ke waktu. Pemimpin yang baru harus terus melanjutkan visi bangsa dan program-program unggulan yang telah dicanangkan,” ujar Jokowi yang hadir langsung dalam pengumuman nama capres itu, Jumat (21/4/2023).

Baca Juga

Jokowi menilai sosok Ganjar sebagai seorang pemimpin yang dekat dengan rakyat dan sangat ideologis. Jokowi mengaku sangat mengapresiasi dan menghargai keputusan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang telah mengumumkan keputusannya menunjuk gubernur Jawa Tengah itu sebagai capres untuk Pemilu 2024 dari PDIP. “Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat, selalu turun ke bawah, dan sangat ideologis,” kata Jokowi.

Dia berpesan, ideologi negara Indonesia, yakni Pancasila, harus menjadi dijadikan sebagai fondasi. Persatuan dan kesatuan nasional serta toleransi dan kebersamaan harus menjadi fondasi sosial bangsa Indonesia. Kesejahteraan rakyat yang adil dan merata, pembangunan yang Indonesia-sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional. 

“Kemandirian nasional, berdikari, dan kepemimpinan Indonesia di masyarakat global harus tecermin dalam sikap pemimpin untuk memperjuangkan kepentingan nasional,” tutur dia.

Jokowi mengingatkan, semangat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 adalah semangat kontestasi program dan ide-ide besar untuk bangsa dan negara. Dia merasa yakin rakyat Indonesia sudah semakin dewasa dalam menentukan pilihan. Mantan wali kota Solo itu berharap Pilpres 2024 mendatang akan berjalan dengan damai dan demokratis. “Dan terpilih pemimpin yang mneneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil, dan makmur,” kata Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Megawati mengumumkan nama Ganjar sebagai calon presiden 2024 dari PDIP. Ganjar selama ini menjadi yang terpopuler di berbagai survei nasional. "Menetapkan Ganjar Granowo yang saat ini sebagai gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," ujar Megawati.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement