Ahad 23 Apr 2023 14:00 WIB

Viral di TikTok, Benadryl Challenge Kembali Makan Korban

Remaja 13 tahun meninggal akibat tantangan TikTok Benadryl Challenge.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Reiny Dwinanda
Logo aplikasi TikTok ditampilkan di ponsel di Randers, Denmark, 28 Februari 2023. Tantangan TikTok Benadryl Challenge menewaskan seorang remaja 13 tahun asal Ohio, AS.
Foto: AP Photo/Michael Dwyer
Logo aplikasi TikTok ditampilkan di ponsel di Randers, Denmark, 28 Februari 2023. Tantangan TikTok Benadryl Challenge menewaskan seorang remaja 13 tahun asal Ohio, AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang remaja Ohio, Amerika Serikat meninggal secara tragis setelah overdosis obat bebas saat mencoba aksi viral TikTok. Remaja bernama Jacob Stevens (13 tahun) itu menjadi korban Benadryl Challenge.

Seperti peserta tantangan lainnya, Jacob meminum 12 hingga 14 antihistamin untuk memicu halusinasi. Jumlah tersebut adalah enam kali dosis yang disarankan.

Baca Juga

Dilansir NY Post, Kamis (20/4/2023), aksi yang berpotensi mematikan mulai viral pada 2020 ketika para remaja mengunggah tantangan di TikTok untuk mendapatkan pengaruh media sosial. Ayah Jacob, Justin, mengatakan kepada ABC 6 bahwa putranya ada di rumah akhir pekan lalu bersama teman-temannya ketika mengalami overdosis.

Rekaman yang diambil oleh teman-temannya menunjukkan warga Columbus, Ohio itu meminum pil antialergi. Setelah itu, tubuhnya dilaporkan mulai kejang.

"Dosis besar itu terlalu berat untuk tubuhnya," kata Justin.

Terlepas dari upaya medis terbaik, Jacob meninggal enam hari kemudian. Sang ayah menggambarkan hari itu sebagai hari terburuk dalam hidupnya. Justin juga menggambarkan ketika mendengar berita yang menghancurkan bahwa putranya tidak akan bangun.

"Tidak ada pemindaian otak, tidak ada apa-apa di sana," kata ayah yang berduka itu.

"Mereka bilang kita bisa menjaganya dengan menggunakan ventilator, tetapi dia hanya bisa berbaring di sana, dia tidak akan pernah membuka matanya, dia tidak akan pernah bernapas, tersenyum, berjalan, atau berbicara," ujarnya.

Nenek remaja tersebut, Dianna Stevens, menangis ketika memberi tahu media berita TV lokal mereka. Menurut Diana, dia akan melakukan apa saja untuk memastikan anak lain tidak mengalaminya.

Sementara itu, Jacob dikenang oleh keluarganya sebagai anak yang santun, lucu, dan penyayang.

"Tidak peduli seberapa buruk hari yang saya alami, tidak ada yang bisa membuat saya tersenyum, Jacob bisa membuat saya tersenyum," kenang Justin yang emosional.

Justin kemudian memperingatkan orang tua lain tentang bahaya media sosial tanpa pengawasan bagi remaja. Dia mengingatkan untuk mengajak remaja berdiskusi tentang bahaya tantangan-tantangan serupa.

"Saya ingin semua orang tahu tentang putra saya," kata Justin.

Berikutnya, Justin juga memohon kepada anggota parlemen untuk memberlakukan batasan usia pada obat-obatan yang dijual bebas seperti Benadryl. Ini seperti sebuah kampanye yang dia gambarkan sebagai "tujuan hidupnya". Dia juga ingin TikTok memberlakukan pengamanan serupa, termasuk mewajibkan pengguna memberikan kartu identitas sebelum membuat akun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement