Sabtu 22 Apr 2023 20:13 WIB

Agar Keuangan Tetap Sehat saat Mudik Lebaran Buat Keluarga Muda

THR justru dapat sangat membantu dana untuk mudik bersama keluarga

Rep: Santi Sopia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Agar terhindar dari sikap boros khususnya bagi keluarga muda, tetap perhatikan kondisi kesehatan keuangan agar memiliki financial track yang jelas dan juga menjaga kondisi kesehatan tubuh
Foto: www.freepik.com
Agar terhindar dari sikap boros khususnya bagi keluarga muda, tetap perhatikan kondisi kesehatan keuangan agar memiliki financial track yang jelas dan juga menjaga kondisi kesehatan tubuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mudik menjadi momen satu kali dalam setahun yang ditunggu bagi masyarakat khususnya keluarga muda untuk bertemu keluarga. Penting mempersiapkan berbagai hal, termasuk dari segi kondisi keuangan.

Jika tidak direncanakan dengan baik, mudik bisa menghabiskan uang yang berlebih bahkan dapat mengganggu kondisi finansial ke depannya. Windy Riswantyo selaku Marketing & Alternate Channel Group Head Astra Life mengatakan, anggaran mudik tentu akan berbeda bagi yang masih single maupun sudah menikah.

“Agar terhindar dari sikap boros khususnya bagi keluarga muda, tetap perhatikan kondisi kesehatan keuangan agar memiliki financial track yang jelas dan juga menjaga kondisi kesehatan tubuh,” kata Windy dalam siaran pers.

Sebelum mudik, perhatikan kondisi kesehatan dan pastikan tubuh sedang fit. Jika menggunakan kendaraan pribadi, rencanakan perjalanan dengan mengetahui rute dan tempat beristirahat (rest area).

Berikut empat tips agar kondisi keuangan untuk mudik tetap sehat.

1. Pastikan sudah membuat rencana mudik yang jelas

Jika berniat menggunakan transportasi umum seperti pesawat maupun kereta, cek kembali harga tiketnya. Sebab saat mendekati lebaran, tiket akan semakin mahal bahkan sudah terjual habis.

Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, usahakan mempersiapkan uang untuk bahan bakar dan cek kondisi kendaraan sebelum mudik. Tujuannyac menghindari kemungkinan yang terjadi di tengah perjalanan seperti ban bocor dan lainnya yang menyebabkan boncos.

2. Gunakan THR sebaik mungkin

Jika dimanfaatkan dengan baik, THR justru dapat sangat membantu dana untuk mudik bersama keluarga, mengingat banyak barang dan kebutuhan yang mungkin akan mengalami kenaikan harga saat bulan Ramadhan dan mendekati Hari Raya. Setelah mendapatkan THR, mulailah mengisi check list pads salah satunya dengan mempersiapkan rekening secara khusus untuk keperluan mudik.

Pasalnya, pengeluaran mudik bisa membengkak jika tidak dialokasikan dengan baik sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, perlu memiliki rekening atau tabungan khusus yang memang sengaja dipersiapkan untuk keperluan mudik. Selain untuk keperluan mudik, sisihkan sebagian THR untuk zakat fitrah atau sedekah (20 persen), tabungan jangka panjang seperti investasi (10 persen), tabungan (10 persen) dan dana darurat (15 persen). Tidak masalah sesedikit apa pun uang yang disisihkan. Hal terpenting, THR dan penghasilan yang merupakan hasil jerih payah pribadi, bisa bermanfaat di masa mendatang.

3. Konsisten dengan anggaran yang sudah ditetapkan agar tidak over budget

Hal ini penting dilakukan agar pengeluaran yang dihabiskan selama mudik tidak over budget dan sesuai dengan target yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Supaya anggaran lebih tertata lagi, bisa coba mengalokasikannya menggunakan aplikasi perencanaan keuangan pribadi.

4. Pastikan sudah memiliki asuransi

Perencanaan keuangan lain yang tidak kalah penting adalah asuransi. Sebab, asuransi diharapkan bisa mendukung tujuan keuangan (financial goals) yang telah ditetapkan sebelumnya serta memitigasi berbagai risiko yang mungkin atau berpotensi terjadi di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement