Kamis 20 Apr 2023 17:02 WIB

Waketum PSSI Singgung Penantian 32 Tahun Medali Emas Sepak Bola Putra SEA Games

Zainudin Amali meminta anak asuh Indra Sjafri tak menganggap remeh setiap lawan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (kiri).
Foto: Dadang Kurnia
Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali, berharap tim nasional (timnas) Indonesia meraih medali emas cabang olahraga sepak bola putra di SEA Games 2023 Kamboja. Amali menyampaikan hal itu setelah internal game awak Garuda Nusantara di Stadion Madya, Senayan, Rabu (19/4/2023) malam WIB.

Internal game tersebut merupakan proses seleksi terakhir. Sebanyak 20 nama lolos kualifikasi yang ditentukan. Itu sesuai jumlah kuota yang ditetapkan.

Baca Juga

"Saya sampaikan harapan seluruh rakyat Indonesia, tim sepak bola yang bermain di SEA Games Kamboja ini harus bisa maksimal. Yang kita rindukan adalah medali emas dari cabang olahraga sepak bola. Kita sudah 32 tahun tidak pernah mendapatkan emas. Maksimal perak. Mudah-mudahan kali ini akan terwujud," kata Amali kepada awak media.

Amali meminta anak asuh Indra Sjafri tak menganggap remeh setiap lawan. Tidak ada grup yang mudah. Semua harus dihadapi dengan fokus yang sama.

Amali pun terus menjalin komunikasi dengan Indra selama ini. Dari pembicaraan  muncul keyakinan, pasukan Garuda bakal finis di posisi teratas di lapangan. Selebihnya, ia meminta awak media menanyakan hal itu ke tim kepelatihan.

"Saya meyakini karena Coach Indra meyakinkan saya. Dari awal, sejak terbentuknya tim ini, berkali-kali saya tanya. Coach Indra meyakinkan saya, Insya Allah, dengan materi pemain yang ada. Mereka ini kebanyakan U-20 yang gagal karena tahunnya pindah (Piala Dunia U-20). Dari 2021 ke 2023. Ditambah dengan U-20 (2023) yang tidak jadi main. Jadi mudah-mudahan (dapat emas). Keyakinan saya karena pelatihnya yakin. Nanti tanya sendiri," jelas mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Timnas Indonesia U-22 terus mematangkan persiapan jelang keberangkatan menuju pesta olahraga Asia Tenggara ini. Sepak bola salah satu cabor favorit. Di Kamboja nanti, skuad Garuda tergabung di Grup A bersama Myanmar, Filipina, Timor Leste, serta tuan rumah.

Sudah cukup lama Indonesia gagal meraih emas sepak bola putra di SEA Games. Terakhir kali pada 1991 silam. Kini anak asuh Indra Sjafri diharapkan bisa mengulang prestasi tiga dekade silam itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement