Jumat 14 Apr 2023 14:37 WIB

Posko Kesehatan akan Disiagakan di Jalur Mudik Kabupaten Bekasi

Dinkes Kabupaten Bekasi juga menyiagakan puskesmas di jalur mudik.

Rep: Ali Yusuf / Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Posko kesehatan.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
(ILUSTRASI) Posko kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bakal menyiapkan posko kesehatan untuk pelayanan saat arus mudik Lebaran 2023. Rencananya Dinkes Kabupaten Bekasi akan menyiapkan 15 posko kesehatan untuk melayani pemudik.

Posko kesehatan itu disebut akan disiapkan di jalur mudik pantai utara (pantura) arah Tambun Selatan sampai Kedungwaringin. Selain di jalur arteri, posko kesehatan rencananya disiapkan juga di rest area jalan tol wilayah Kabupaten Bekasi.

“Kita siagakan di satu posko itu satu orang dokter dan dua orang perawat,” kata Sekretaris Dinkes Kabupaten Bekasi, Supriadinata, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/4/2023).

Supriadinata memastikan, tenaga kesehatan di posko akan disiagakan 24 jam dan siap memberikan pelayanan kepada para pemudik. Menurut dia, di setiap posko kesehatan itu juga akan disiagakan satu unit ambulans.

Selain posko kesehatan, Dinkes Kabupaten Bekasi juga akan meminta puskesmas di jalur mudik untuk siaga. “Kita stand by kan juga puskesmas di jalur lintasan 24 jam. Terus ada juga checkpoint Polda Metro di Kedungwaringin, kami juga siapkan pos besar di sana,” kata Supriadinata.

Menurut Supriadinata, tim dari Dinkes Kabupaten Bekasi akan dikerahkan ke setiap posko sebelum masa cuti bersama Idul Fitri. “Mulai turun sebelum cuti bersama. Sebelumnya kita rapatkan dulu kaitan dengan posko mudik,” ujar dia.

Kepada warga yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi, Supriadinata mengimbau untuk memastikan kondisi kesehatan dan kesiapan kendaraan. Selain itu, membawa obat-obatan darurat. “Hindari puncak kepadatan untuk menghindari kemacetan,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement