Berencana Itikaf di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo? Perhatikan 5 Hal Ini

Rep: c02/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 12 Apr 2023 11:21 WIB

 Suasana Masjid Zayed Solo jelang pembukaan untuk ibadah itikaf, Selasa (11/4/2023) malam. Berencana Itikaf di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo? Perhatikan 5 Hal Ini Foto: Muhammad Noor Alfian Suasana Masjid Zayed Solo jelang pembukaan untuk ibadah itikaf, Selasa (11/4/2023) malam. Berencana Itikaf di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo? Perhatikan 5 Hal...

Itikaf dimulai setelah sholat Tarawih sampai dengan pukul 02.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menyambut 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan dibuka bagi jamaah yang akan beritikaf. Namun, ada ketentuan serta tata cara yang perlu diikuti jamaah selama kegiatan tersebut.

Pengelola masjid Zayed mengatakan ada lima poin yang perlu diperhatikan oleh jamaah selama kegiatan i'tikaf.

Baca Juga

  1. Itikaf dimulai setelah sholat Tarawih sampai dengan pukul 02.00 WIB. Lalu, masjid dibuka mulai pukul 03.30 hingga 08.00 WIB.
  2. Selama waktu itikaf dilarang tidur di dalam lingkungan masjid.
  3. Jamaah dipersilakan itikaf (sholat, baca Alquran, dan sebagainya) secara individu atau tidak membuat kajian malam atau mabit berjamaah.
  4. Masjid tidak menyediakan hidangan untuk sahur.
  5. Bagi jamaah putra di lantai satu dan jamaah putri di lantai dua.

Menurut keterangan dari pengelola Masjid Raya Sheikh Zayed Bagus Sigit Setiawan, masjid akan dibuka untuk itikaf hari pertama pada pukul 23.00-02.00 WIB. "Nah, pukul dua itu ditutup untuk dibersihkan untuk sholat subuh. Hari seterusnya nanti sesuai dengan yang sudah dibagikan sampai akhir Ramadhan," kata Bagus ketika dihubungi, Selasa (11/4/2023).

Bagus juga mengimbau jamaah tidak melewati batasan-batasan yang telah ditetapkan. Misalnya ruang imam dan lain-lain.

"Yang penting ini tidak melebihi batasan seperti ruang-ruang imam. Nanti ada garis pembatasnya," katanya.

Selain itu, akan ada puluhan petugas yang akan dikerahkan menjaga agar keadaan itikaf di masjid tetap kondusif. "Ada 30-an personal karena memang fokusnya itu di tarawih di pembagian takjil itu yang difokuskan. Kalau itikaf kan jamaah sibuk dengan ibadahnya sendiri-sendiri," katanya.

Berita Lainnya