Rabu 05 Apr 2023 13:38 WIB

Tol Macet Saat Mudik, Harus Ada Diskon Tarif'

Pemberian diskon tarif tol adalah bentuk kompensasi yang adil untuk pengguna jalan to

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Agus Yulianto
Kendaraan melintas saat penerapan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat.
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Kendaraan melintas saat penerapan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah ruas tol trans Jawa diprediksi akan mengalami kemacetan pada penyelenggaraan mudik mendatang. Anggota Komisi V DPR Sigit Sosiantomo meminta, Badan Penyelenggara Jalan Tol (BPJT) mengeluarkan aturan penurunan tarif tol jika terjadi kemacetan parah  saat penyelenggaraan mudik.

Sigit memperkirakan, ruas tol Trans Jawa seperti Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci dan Kalikangkung-Banyumanik, akan mengalami kemacetan parah saat arus mudik. Sigit menyampaikan, kecepatan kendaraan saat tidak ada sistem sistem genap ganjil (gage) dan oneway hanya 19-34 km per jam. 

"Bahkan, dengan diberlakukan gage dan oneway, beberapa ruas di tol ini kecepatannya hanya 41 km per jam. Padahal, standar pelayanan mininum (SPM) jalan tol untuk kecepatan mininum adalah 60 km per jam," ujar Sigit dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Dengan tidak terpenuhinya SPM kecepatan jalan tol, Sigit mendesak , BPJT menginstruksikan operator memberikan diskon tarif pada ruas-ruas tol  yang mengalami kemacetan parah. Pemberian diskon tarif tol tersebut, kata sigit, adalah bentuk kompensasi yang adil untuk pengguna jalan tol yang sudah membayar untuk mendapatkan layanan sesuai SPM.

"Operator jangan hanya mau ambil untung, tapi tidak memenuhi SPM. Harus ada keadilan. Ketika SPM tidak terpenuhi, tarif diskon diberlakukan," ucap politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Sigit menjelaskan, SPM jalan tol no 16/PRT/M/2018 mencakup tujuh substansi pelayanan, yakni kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksesbilitas, mobilitas, keselamatan, unit pertolongan/penyelamatan/bantuan pelayanan, lingkungan dan tempat istirahat. Dalam SPM jalan tol ada jaminan kecepatan tempuh rata-rata di atas 60 km per jam untuk jalan tol luar kota. 

Sigit mengatakan, kemacetan parah sejumlah ruas tol Trans Jawa dipicu dengan kenaikan jumlah pemudik pada lebaran tahun ini. Kementerian Perhubungan (Kemenhub), ucap Sigit, memprediksi peningkatan mobilitas masyarakat naik 44,79 persen dibandingkan 2022. Sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan mobilitas dan 75 persen pemudik akan menggunakan jalur darat dengan moda terbanyak adalah kendaraan pribadi (22,07 persen), motor (20,3 persen), bus (18,39 persen), mobil sewa (7,7 persen), travel (4,24 persen). 

"Peningkatan mobilitas masyarakat yang naik signifikan ini akan mengakibatkan kemacetan, penumpukan pada simpul transportasi dan potensi peningkatan kecelakaan," sambung Sigit.

Selain meminta pemberlakuan diskon tarif tol diruas-ruas yang macet parah, Sigit juga meminta pemerintah mempersiapkan contigency plan atau rencana alternatif atau cadangan yang akan jika terjadi perubahan pada layanan umum jalan tol menjadi layanan mitigasi. 

“Akibat kebijakan oneway tahun lalu, pemudik arah Jakarta yang menjadi korban kebijakan oneway terpaksa terjebak macet selama 20 jam. Hal ini seharusnya tidak perlu terjadi jika BPJT, Korlantas dan Kemenhub sudah memiliki rencana alternatif mengatasi kemacetan, bukan malah mempernjang waktu oneway sampai pemudik terjebak 20 jam di tol. Contigency plan ini harus disiapkan," kata Sigit yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) I.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement