Kamis 23 Mar 2023 23:45 WIB

Awal Ramadhan, Harga Daging Sapi dan Ayam di Cirebon Masih Tinggi

Pemkot Cirebon menyiapkan agenda pasar murah dua pekan sekali.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pedagang daging sapi di pasar.
Foto: Edi Yusuf/Republika
(ILUSTRASI) Pedagang daging sapi di pasar.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Hari pertama bulan Ramadhan, harga daging sapi dan daging ayam yang dijual di Pasar Kanoman, Kota Cirebon, Jawa Barat, masih tinggi. Diperkirakan harga akan menurun beberapa hari mendatang.

Pada Kamis (23/3/2023), di Pasar Kanoman, Kota Cirebon, harga daging sapi sekitar Rp 150 ribu per kilogram. Sebelumnya berkisar Rp 135 ribu-140 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang daging sapi, Edi, mengatakan, harga daging sapi mengalami kenaikan sejak menjelang bulan Ramadhan. Naiknya harga daging sapi dipengaruhi meningkatnya permintaan konsumen.

Harga daging sapi diperkirakan turun dalam beberapa hari mendatang. “Biasanya nanti naik lagi kalau mau Lebaran,” kata Edi.

 

Adapun daging ayam potong saat ini dijual Rp 35 ribu per kilogram. Harga itu mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 32 ribu per kilogram.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP), menyiapkan operasi pasar murah pada bulan Ramadhan ini. “Digelar dua minggu sekali, pada Jumat,” kata Kepala DKUKMPP Kota Cirebon Iing Daiman, Kamis (23/3/2023).

Pasar murah itu dilakukan bekerja sama dengan pihak terkait, seperti Bulog dan Bank Indonesia. Iing mengatakan, pasar murah ini digelar di Mall UKM Klemprakan. Pada pasar murah ini akan dijual sejumlah komoditas dengan harga di bawah pasaran, seperti beras, telur, minyak goreng, dan tepung terigu.

Selain pasar murah, pada bulan Ramadhan ini direncanakan pelaksanaan operasi pasar di seluruh kecamatan wilayah Kota Cirebon. Rencananya di setiap kelurahan disiapkan sekitar 200 paket bahan pokok. Untuk pelaksanaan operasi pasar ini Pemkot Cirebon mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement