Ramadhan Momentum Tebar Kebaikan, Bisa Dilakukan Lewat Bersedekah

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti

Senin 20 Mar 2023 22:07 WIB

Ramadhan (ilustrasi). Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan dan menebarkan kebaikan. Foto: Pixabay Ramadhan (ilustrasi). Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan dan menebarkan kebaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Akademisi dari Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) Purwokerto, Muridan, mengingatkan bahwa Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan dan menebarkan kebaikan. Rasulullah SAW mengaskan bahwa siapa saja orang yang melakukan kebaikan, maka pahalanya akan berlipat ganda.

"Bulan Ramadhan adalah bulan peningkatan kebaikan," kata Muridan dihubungi dari Jakarta, Senin (20/3/2023).

Baca Juga

Kepala Laboratorium Fakultas Dakwah UIN SAIZU itu mengatakan, begitu istimewanya bulan suci Ramadhan, maka sebaiknya umat Islam memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan berbagai kebaikan. Salah satu bentuk kebaikan yang dapat dilakukan pada bulan Ramadhan adalah bersedekah.

"Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa segala kebaikan yang kita lakukan adalah sedekah. Sedekah ini bukan hanya dengan harta, tetapi juga bisa dengan ilmu, tenaga, bahkan dengan doa," kata dia.

Orang yang tidak memiliki harta, dapat berbagi kebaikan dengan ilmu dan nasihat. "Jika tidak memiliki harta atau ilmu, maka bisa dengan tenaganya. Jika tidak memiliki ketiganya maka dapat dilakukan dengan mendoakan kebaikan bagi orang lain," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa bulan Ramadhan bukan hanya bulan peningkatan spiritual tetapi juga bulan peningkatan sosial. "Bukan hanya bulan peningkatan hubungan dengan Allah saja atau Hablun Minallah, tetapi juga peningkatan hubungan dengan sesama manusia atau hablum minannas," ujarnya.

Salah satu wujud peningkatan tersebut adalah dengan berbagi kebaikan karena semangat berbagi adalah semangat kemanusiaan dan menjadi bagian penting dalam ajaran Islam. "Semangat atau spirit kemanusiaan ini merupakan hubungan antara manusia dengan Tuhannya dan juga hubungan antara manusia dengan sesamanya," kata dia.

Muridan mengatakan, melalui Ramadhan tahun ini dan melalui peningkatan kebaikan berupa saling menolong serta saling berbagi dan menghargai, maka bangsa ini akan terus menjadi bangsa yang sejahtera, aman, tenteram, dan damai.