Senin 20 Mar 2023 17:15 WIB

Rentan Stres, Ini Tips Bagi Ibu Rumah Tangga 'Berdamai' dengan Rutinitas Sehari-hari

Jaga diri terlebih dahulu, maka suasana rumah pun akan terasa bahagia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi ibu rumah tangga (IRT) dengan segala tanggung jawabnya bukan tugas yang mudah. IRT mungkin tidak bekerja di kantor dari pagi sampai sore, tetapi justru tidak memiliki jam kerja. Bertugas 24 jam, cukup menggambarkan kesulitan ibu rumah tangga sehingga mudah melupakan perawatan diri. 

Hal itu bisa berdampak pada kesehatan mental. Sering kali, banyak penyakit fisik yang dipicu karena kekurangan waktu bagi IRT. Pada saat diagnosis, sering kali sudah terlambat. Hampir seluruh keluarga mengalami trauma karena ini. Oleh karena itu, sudah saatnya giat memperhatikan dan menyoroti kesehatan para ibu rumah tangga yang kerap diabaikan ini.

Baca Juga

IRT tidak dibayar, sebagian besar tidak diakui, bahkan tidak dihargai. Dalam banyak kasus, ibu rumah tangga memikul seluruh beban pekerjaan rumah tangga, tanggung jawab sosial, dan benteng rumah tangga. Di sisi lain, terdapat statistik yang mengkhawatirkan tentang tingkat depresi, bunuh diri, dan berbagai masalah kesehatan mental. 

Pakar penyembuhan dan penguasaan kehidupan yang baik, sekaligus Master Thinkright.me JetSynthesys di India, Vidisha Kaushal, mengatakan sudah saatnya keluarga di rumah memprioritaskan kesejahteraan dan kesehatan mental ibu rumah tangga. “Mari kita hadapi itu,” kata Kaushal, seperti dikutip dari Health Site, Jumat (17/3/20203).

 

Dia membagikan lima tips yang dapat menjadi acuan ibu rumah tangga mana pun untuk mulai menjaga penyembuhan dan kesejahteraan mereka sendiri:

1. Hargai dan akui

Perhatikan self-talk atau bicara terhadap diri sendiri. Apakah itu mengecilkan hati dan negatif? Jika demikian, ubahlah. Dorong diri, hargai diri Anda secara terus-menerus dalam percakapan diri. Jika bukan Anda, siapa lagi? Berhentilah menunggu orang lain melakukannya.

2. Mulai hari dengan benar

Bahkan lima menit meditasi atau afirmasi atau nyanyian dapat mengisi diri dengan energi yang luar biasa.

3. Gunakan waktu di rumah untuk memprogram pikiran

Terapkan beberapa afirmasi saat melakukan pekerjaan rumah. Anda tidak hanya akan memprogram diri secara positif, tetapi juga menyiapkan makanan dengan gairah luar biasa

4. Latih kesadaran dalam tugas-tugas

Melipat pakaian bisa menjadi bagian meditasi ketika Anda benar-benar hadir dan menikmatinya.

5. Batasan yang sehat

Berlatihlah menetapkan batasan yang sehat dan seimbangkan perawatan diri dengan merawat rumah dan keluarga. Cintai diri sendiri dan semua akan merasakan kebaikan itu.

Seperti yang dikatakan oleh pakar Yoga Yin dan Master Thinkright.me dari JetSynthesys, Sneha Desai, pikiran yang sehat menentukan rumah yang bahagia. Jaga diri terlebih dahulu, maka suasana rumah pun akan terasa bahagia.

Perawatan diri bukanlah egois, itu merupakan harga diri. Perawatan diri adalah memberikan yang terbaik dari diri Anda kepada dunia, alih-alih apa yang tersisa dari Anda.

Kebanyakan ibu rumah tangga membuat "kesalahan" dengan mengutamakan orang lain, bahkan sering kali mengorbankan kesehatan mereka sendiri. Hal demikian dapat menyebabkan konflik mental dan stres fisik. Untuk menjaga keseimbangan, sangat penting bagi ibu rumah tangga memprioritaskan kebutuhan dan kesejahteraan mereka sendiri. Ini akan membantu mereka merawat keluarga dan orang yang mereka cintai dengan lebih baik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement