Rabu 15 Mar 2023 13:46 WIB

Ahli: Menerima Keberagaman dan Dialog Cara Perangi Islamofobia

Perlu ada pemahaman yang lebih dalam tentang masalah yang dihadapi Muslim.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Para ahli dalam sebuah konferensi internasional Islamofobia di Istanbul menyampaikan menerima keberagaman, mengadakan dialog, dan bekerja sama adalah elemen penting dalam perang melawan Islamofobia, Senin (13/3/2023). Ahli: Menerima Keberagaman dan Dialog Cara Perangi Islamofobia
Foto: Anadolu Agency
Para ahli dalam sebuah konferensi internasional Islamofobia di Istanbul menyampaikan menerima keberagaman, mengadakan dialog, dan bekerja sama adalah elemen penting dalam perang melawan Islamofobia, Senin (13/3/2023). Ahli: Menerima Keberagaman dan Dialog Cara Perangi Islamofobia

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Para ahli dalam sebuah konferensi internasional Islamofobia di Istanbul menyampaikan menerima keberagaman, mengadakan dialog, dan bekerja sama adalah elemen penting dalam perang melawan Islamofobia, Senin (13/3/2023).

“Kita harus menerima keragaman bangsa kita, pluralitas kebangsaan, warna kulit, kelompok etnis, orientasi politik dan orientasi intelektual. Kita harus mengakui dan menerimanya,” kata perwakilan Universitas Agama dan Denominasi di Iran Muhammad Muzaffari, dilansir dari Anadolu Agency, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga

Konferensi tiga hari bertajuk “Memeriksa Dimensi Budaya dan Geopolitik Islamofobia di Negara-Negara Mayoritas Muslim” merupakan konferensi keempat yang diselenggarakan oleh Center for Islam and Global Affairs (CIGA) yang berbasis di Istanbul. Acara tersebut menghadirkan 51 pembicara dari 12 negara.

Adapun CIGA merupakan sebuah think tank yang berfokus pada komunitas Muslim dan aspek terkaitnya. CIGA bertempat di Universitas Sabahattin Zaim Istanbul sejak 2017 ketika didirikan. Muzaffari menekankan masyarakat Muslim harus memulai dialog konstruktif tidak hanya dengan saudara-saudara sesama, tetapi juga dengan orang-orang sekuler.

 

“Karena jika kita ingin mengelola masyarakat kita, kita ingin membuka cakrawala baru untuk masa depan kita, kita harus melakukannya melalui dialog yang konstruktif,” kata dia.

Kemudian menyebut Islamofobia di negara-negara mayoritas Muslim sebagai tugas yang menantang. Direktur penelitian di CAGE Advocacy Group yang berbasis di Inggris Asim Qureshi, turut menyerukan pemahaman yang lebih dalam tentang masalah yang dihadapi Muslim.

“Kami tidak sembarangan memuntahkan narasi yang dalam jangka panjang tidak sehat bagi kami, karena sangat mudah untuk meraih jawaban yang mudah,” kata dia.

Sementara seorang profesor di Universitas Turki-Jerman dan co-editor Laporan Islamofobia Eropa tahunan Enes Bayrakli menyerukan aktivisme politik dalam memerangi Islamofobia. Dia memuji deklarasi PBB pada 15 Maret sebagai Hari Memerangi Islamofobia

"Langkah penting dan penting yang berubah menjadi langkah pertama, (meskipun ada) cukup literatur (tentang Islamofobia) apa yang harus kita lakukan sekarang adalah mendirikan sebuah LSM,” kata Bayrakli.

Dia mengatakan, tugas utama LSM ini adalah memerangi Islamofobia. Kemudian menekankan pengumpulan data harian tentang kejahatan rasial anti-Muslim. Bayrakli juga menyerukan langkah-langkah untuk mendeklarasikan negara, politikus, film, atau novel Islamofobia tahun ini.

“Agar kami menekan, agar ada harga, untuk Islamofobia, untuk membayar, setidaknya secara politis,” kata dia.

Akademisi Turki itu juga mendesak perlunya kerja advokasi dan membangun aliansi sambil juga menantang insiden Islamofobia di pengadilan, yang membutuhkan banyak dana. Bayrakli mengatakan, ada kebutuhan untuk mendanai penelitian akademik tentang Islamofobia di semua tingkatan.

Di samping itu, Fahad Qureshi dari University of Salford yang berbasis di Inggris menekankan perlunya kolaborasi antara akademisi dan kelompok dalam perang melawan Islamofobia. “Datang bersama, bekerja bersama, belajar dari satu sama lain, seperti bagaimana Islamofobia beroperasi di berbagai negara,” kata Qureshi,

Qureshi mengatakan, konferensi itu begitu penting untuk memerangi Islamofobia, yang merupakan fenomena global tetapi bercita rasa lokal. Di sisi lain seorang peneliti di CIGA, Uveys Han mengatakan, ada kebutuhan untuk lebih presisi dalam mencoba memastikan negara tidak bersembunyi di balik bahasa atau perintah semacam ini untuk membenarkan tindakan Islamofobia.

Han juga menekankan fokus pada strategi jangka panjang yang berdampak pada elemen psikologis kolonialisme melalui media sosial. Terutama dengan menciptakan ruang aman bagi umat Islam untuk melakukan percakapan yang lebih terbuka.

Menurut dia, sebagian besar pesan media sosial dikelola. Han mengatakan, itu tidak lagi menjadi tempat yang aman bagi remaja dan diri sendiri karena ada informasi palsu.

“Kita perlu mulai melihat intervensi teknologi yang begitu tertanam di dalamnya dan meluncurkan solusi yang akan memungkinkan, terutama generasi berikutnya, untuk semakin tidak rentan berinteraksi dengan ruang teknologi di mana Islamofobia dinormalisasi,” kata Han.

Dia menekan kesejahteraan sosial dan spiritual umat Islam untuk memerangi Islamofobia.

sumber : https://www.aa.com.tr/en/turkiye/embracing-plurality-dialogue-and-collaboration-can-combat-islamophobia-experts/2844827
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement