Selasa 14 Mar 2023 20:14 WIB

Tidur tak Nyenyak, Deretan Makanan Ini Bantu Tubuh Berenergi Keesokan Harinya

Penting dicatat, bukan berarti makanan ini bisa mengganti tidur malam yang nyenyak.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Alpukat (ilustrasi). Jika tidur malam Anda tak nyenyak, Anda bisa mencoba makanan-makanan berikut ini yang dipercata membantu tubuh lebih berenergi.
Foto: Pikrepo
Alpukat (ilustrasi). Jika tidur malam Anda tak nyenyak, Anda bisa mencoba makanan-makanan berikut ini yang dipercata membantu tubuh lebih berenergi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang tidak bisa tidur nyenyak. Tidur malam yang buruk dapat membuat badan terasa kurang berenergi keesokan harinya.

Untuk mengatasi itu, terkadang seseorang terpikir untuk minum kopi agar lebih segar menjalani siang hari. Namun jika diminum berlebihan, kopi rupanya bisa menimbulkan efek gelisah dan kecemasan.

Baca Juga

Sebagai gantinya, berikut makanan terbaik, menurut para ahli di Bed Kingdom, dikutip dari laman Express, Selasa (14/3/2023):

1. Alpukat

Dikemas dengan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, alpukat menawarkan lebih dari sekadar pilihan sarapan yang lezat. Buah berkulit hijau ini kaya akan potasium yang bermanfaat untuk mencegah kelelahan karena memberi energi pada tubuh.

Selain itu, alpukat cocok dinikmati dengan roti panggang untuk sarapan pagi guna meningkatkan energi di pagi hari. Alpukat juga bisa jadi pelengkap saat makan siang untuk mengisi bahan bakar.

2. Dark chocolate

Dark chocolate bisa memuaskan keinginan akan sesuatu yang manis sekaligus membuat Anda lebih waspada. Menurut pakar di Bed Kingdom, cokelat hitam mengandung kakao dalam jumlah tinggi, yang berguna meningkatkan energi serta fokus seseorang.

3. Biji chia

Mirip dengan cokelat hitam, biji chia mengandung magnesium tinggi yang dapat membantu melawan "kelelahan ekstrem" dan tingkat stres yang tinggi.

“Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara diblender menjadi smoothie, ditaburkan ke dalam yoghurt, atau bahkan dicampurkan ke dalam salad,” tambah para ahli.

4. Ubi jalar

Pilihan makanan lain yang dikemas dengan magnesium dalam jumlah tinggi yaitu ubi jalar yang menawarkan vitamin C. Makanan ini membantu mengangkut lemak menjadi energi sehingga mampu melawan rasa kantuk dan membuat seseorang tetap aktif.

Selain itu, ubi jalar adalah karbohidrat sehat yang bisa menjadi pilihan bagus untuk makan siang jika Anda berencana menjalani hari yang panjang dan membutuhkan energi tahan lama.

5. Jeruk

Selain tinggi vitamin C, jeruk mengandung gula alami dalam jumlah sedang yang diubah menjadi glukos. Ini bisa menjadi "sumber terbaik" bahan bakar otak. Jeruk mengandung cukup gula untuk memberi seseorang energi dengan cepat, tetapi tidak cukup untuk membuat terlalu kuat. Bahkan mengonsumsi jus jeruk daripada memakan buahnya dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan mental di hari tersebut.

Meskipun tidak satu pun dari makanan ini dapat menggantikan tidur malam yang nyenyak, namun setidaknya dapat membantu meningkatkan kekuatan otak dan tingkat energi. Bed Kingdom menambahkan, tidur malam yang nyenyak tetap sangat penting untuk kesehatan. Seseorang disarankan tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Namun, bagi banyak orang, jumlah yang disarankan tidak selalu memungkinkan karena berbagai alasan. Dalam hal ini, memberi bahan bakar untuk tubuh sangat penting dan itu bisa dicapai dengan makan makanan yang tepat. Cara itu bisa sesederhana dengan memakan jeruk sebagai buah pendamping sarapan, atau ubi jalar untuk makan siang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement