Senin 13 Mar 2023 13:06 WIB

Usai Diresmikan, Jokowi Minta Kawasan Suci Pura Besakih Dijaga Baik

Pura Agung Besakih ini merupakan pura yang sangat disucikan bagi umat Hindu

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
 Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih, Karangasem, Bali, Senin (13/3/2023). (ilustrasi).
Foto: Republika/Mutia Ramadhani
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih, Karangasem, Bali, Senin (13/3/2023). (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih, Karangasem, Bali, Senin (13/3/2023). Jokowi pun berpesan agar fasilitas yang sudah dibangun dengan anggaran yang besar ini dapat dikelola dan dirawat dengan baik.

"Membangun fasilitas yang bagus dan megah lebih mudah dari mengelola dan merawat. Untuk itu saya benar-benar ingin titip agar fasilitas yang sudah dibangun pempus dan pemprov ini dengan dana yang sangat besar, tadi disampaikan Pak Gubernur, harus diikuti dengan pengelolaan yang baik dan pengelolaan profesional," ujar Jokowi saat peresmian yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Baca Juga

Selain itu, Jokowi menilai perlu disiapkan manajemen pengelolaan dengan kompetensi yang baik serta melibatkan Desa Adat Besakih dan masyarakat setempat. "Harus disiapkan manajemen dengan kompetensi yang baik sehingga mampu menjembatani kepentingan yang ada, libatkan Desa Besakih dan Desa Adat Besakih, beri kesempatan kepada masyarakat ikut berpartisipasi dan berkontribusi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, Pura Agung Besakih ini merupakan pura yang sangat disucikan bagi umat Hindu di seluruh nusantara. Karena itu, keberadaan pura ini harus terus dijaga dan dirawat sehingga umat Hindu dan pengunjung yang berkunjung ke Pura Besakih bisa merasakan aura kesuciannya.

"Karena dengan terjaganya kesucian, terjaga kebersihan, kerapihan sekaligus menjadi tempat yang indah, dan saya tahu sejak dulu pengunjung di Pura Besakih ini sangat banyak dan ramai, apalagi kalau ada upacara besar," ujarnya.

Jokowi mengatakan, kedatangan umat Hindu dan para wisatawan pun harus diimbangi dengan penataan dan pengelolaan kawasan yang baik. Sehingga banyaknya pengunjung yang datang tidak menyebabkan pura menjadi semrawut dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Karena itu, saat itu Jokowi pun menginstruksikan Menteri PUPR melalukan penataan Pura Agung Besakih bersama Pemprov Bali. "Yang dilakukan di dua area Bencingah dan Manik Mas dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung agar masyarakat semakin nyaman saat bersembahayang dan Pura Besakih tetap terjaga kesuciannya," lanjut Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement