Jumat 06 Jan 2023 06:28 WIB

Selama Musim Dingin, Komunitas Muslim di Inggris Bantu Masyarakat dengan Makanan Hangat

Komunitas Muslim Halifax, Inggris membagikan makanan hangat kepada yang membutuhkan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi makanan hangat. Para sukarelawan di komunitas Muslim Halifax, Inggris membagikan makanan hangat kepada yang membutuhkan selama bertahun-tahun.
Foto: pixabay
Ilustrasi makanan hangat. Para sukarelawan di komunitas Muslim Halifax, Inggris membagikan makanan hangat kepada yang membutuhkan selama bertahun-tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, HALIFAX -- Makanan panas gratis adalah hal terbaik yang bisa didapat orang miskin dan membutuhkan pada hari-hari di musim dingin. Ide itu yang kemudian dilakukan para sukarelawan di komunitas Muslim Halifax, Inggris yang membagikan makanan hangat kepada yang membutuhkan selama bertahun-tahun.

Di kota Halifax, Inggris Utara, Jilani Kitchen menyajikan makanan panas gratis saat matahari terbenam setiap Kamis. Komunitas Halifax yang juga beroperasi dari Masjid Madni, telah melayani yang membutuhkan selama lebih dari 900 hari berturut-turut.

“Kami merasa ini sangat dibutuhkan Ini ada di suatu tempat di dalam komunitas lokal dan cukup rahasia,” kata Abid Karim, salah satu relawan, kepada itv news dilansir dari About Islam, Kamis (5/1/2023).

Komunitas ini mengambil inspirasi dari dapur berusia 600 tahun di Bagdad, Irak, yang menjadi tempat Muslim Sunni dan Syiah makan bersama. Demikian pula relawan, di Halifax, bekerja untuk melayani komunitas mereka terlepas dari afiliasi agama.

“Kami memiliki seorang wanita berusia 95 tahun yang datang berkunjung. Itu menyentuh semua hati kami dan kami membantu wanita itu setiap hari dalam seminggu,” kata sukarelawan Waseem Khan.

Menurutnya Islam sangat menekankan keutamaan bertetangga. Agama ini juga menekankan pada tugas individu Muslim untuk berbuat baik kepada tetangga mereka.

Tindakan kemurahan hati ini sejalan dengan apa yang telah dilakukan oleh banyak Muslim Inggris untuk membantu komunitas mereka. Termasuk yang dilakukan Komunitas Muslim Halifax, dengan membagikan makanan hangat selama musim dingin ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement