Sabtu 26 Nov 2022 20:14 WIB

Apresiasi Para Guru Inspiratif, Menag Ingatkan Keteladanan Pendiri NU-Muhammadiyah

Hari Guru Nasional 2022 momentum untuk meningkatkan kesejahteraan guru

Malam puncak peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022 Kementerian Agama, Jumat (25/11/2022).
Foto: Harian Republika
Malam puncak peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022 Kementerian Agama, Jumat (25/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—  Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Ditjen Pendis, Kementerian Agama RI menggelar malam puncak peringatan Hari Guru Nasional 2022 di Holiday Inn Kemayoran, Jakarta, Jumat (25/11/2022). 

Pada gelaran itu sebanyak 42 guru madrasah dan tenaga kependidikan dari berbagai daerah di Indonesia mendapatkan apresiasi. Apresiasi itu diberikan karena para guru tersebut dinilai menginspirasi, kreatif, inovatif, dan dedikatif.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan apresiasi dan atas dedikasi para guru madrasah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tulus, sabar, dan penuh kasih sayang sebagaimana seperti yang dicontohkan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari.  

"KH Hasyim Asy'ari, memandang semua muridnya dengan kasih sayang. Jangan menanyakan murid paham atau belum, tapi terus ajarkan kepada murid sampai dia paham. Mohon untuk tidak berpuas hanya menjadi guru. Jadilah seniman yang selalu melukis pikiran-pikiran orang," tutur Menag. 

Menag juga mengingatkan salah satu pesan  KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah. "Jadilah guru sekaligus murid. Jadi guru untuk menyampaikan gagasan kepada muridnya. Jadilah murid untuk selalu dapat membuka diri agar dapat mengembangkan keilmuan yang disampaikan kepada muridnya," tuturnya. 

Mengutip filsafat China, Menag mengatakan bahwa orang sangat mulia adalah mereka yang mempelopori generasinya dan generasi berikutnya. Mereka yang kata-katanya memberi inspirasi bagi orang sekelilingnya. 

Atas semua jasa guru, Menag berkomitmen untuk terus memberikan afirmasi. Gus Men juga mengingatkan jajarannya untuk terus memperhatikan perjuangan para guru. 

"Menjadi tugas saya, selaku Menteri Agama serta tugas jajaran Kementerian Agama, untuk terus berupaya agar para guru pejuang bangsa, mendapatkan fasilitasi semestinya sehingga dapat terus menjalankan tugas terbaiknya," jelasnya. 

Hari Guru Nasional Tahun 2022 mengangkat tema “Berinovasi Mendidik Generasi”. Kata inovasi menjadi kunci. Sebab, para peserta didik adalah anak zamannya yang harus dibekali sesuai tantangan eranya. Sudah semestinya dan memang keharusan bagi setiap guru untuk terus berinovasi dalam mendidik generasi. 

"Tantangan kita semakin kompleks dan rumit. Guru harus tampil makin gigih, dedikatif, sekaligus kreatif dan inovatif dalam mendidik dan membentuk akhlak siswa," pesan Menag Yaqut.  

Berikut 42 Guru Madrasah Peraih Apresiasi HGN 2022 GTK Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, Kemenag RI:  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement