Kamis 17 Nov 2022 19:43 WIB

Lima Juta Muslim Kunjungi Arab Saudi untuk Umroh Selama 2022

Untuk mempermudah haji dan umroh, Arab Saudi meluncurkan aplikasi Nusuk.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam berdoa di depan Kabah saat mengikuti ibadah umroh di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Rabu (26/10/2022). Lima Juta Muslim Kunjungi Arab Saudi untuk Umroh Selama 2022
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Umat Islam berdoa di depan Kabah saat mengikuti ibadah umroh di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Rabu (26/10/2022). Lima Juta Muslim Kunjungi Arab Saudi untuk Umroh Selama 2022

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi menyampaikan ada hampir lima juta jamaah dari dalam Kerajaan dan luar negeri telah melaksanakan ibadah umroh selama musim 2022. Hal itu disampaikan pejabat kementerian dalam pertemuan rapat Pengurus Pusat Komite Haji Pusat.

Wakil Emir Wilayah Makkah Pangeran Badr bin Sultan memimpin pertemuan yang dihadiri oleh Menteri Haji dan Umroh Saudi Tawfiq Al-Rabiah. Rapat juga dihadiri Menteri Transportasi dan Logistik Eng. Saleh Al-Jasser, Direktur Paspor Letnan Jenderal Suleiman Al-Yahya, dan Direktur Keamanan Publik Letnan Jenderal Muhammad Al-Bassami.

Baca Juga

Pertemuan tersebut, seperti dilansir Saudi Gazette, Kamis (17/11/2022), membahas sejumlah topik terkait musim haji dan umroh 1444 H. Dalam pertemuan tersebut, Pangeran Badr memberi pengarahan tentang persiapan dan kesiapan otoritas untuk musim haji 1444 H.

Hal itu meliputi persiapan di Masjidil Haram dan fasilitasnya untuk menerima dan melayani jamaah, dan juga kesiapan sistem dan pegawai. Direktorat Jenderal Paspor di Bandara Internasional King Abdulaziz dan Pelabuhan Islam di Jeddah diharuskan untuk segera menyelesaikan prosedur kedatangan dan keberangkatan jamaah haji.

Selain itu, Pusat Komite Haji Saudi juga meninjau pengaturan dan fasilitas yang dibuat untuk melayani jamaah haji di tempat-tempat suci, serta kemajuan proyek pembangunan dan proyek perumahan untuk menambah area perumahan jamaah haji di Mina dan pengembangan stasiun transportasi di sekitar Masjidil Haram.

Untuk mempermudah pelaksanaan haji dan umroh bagi umat Muslim, Saudi telah meluncurkan secara resmi platform nasional untuk haji dan umroh yaitu Nusuk, yang sebelumnya adalah Eatmarna. Menteri Al-Rabiah mengatakan, platform tersebut menawarkan lebih dari 121 berbagai layanan untuk memfasilitasi prosedur kedatangan jamaah dari seluruh dunia. Platform ini memberikan prosedur yang mudah dan nyaman.

Tujuan platform Nusuk yakni memberikan layanan yang berbeda kepada jamaah dan memperkaya pengalaman bagi para jamaah maupun peziaran dalam rangka mencapai tujuan program Visi Kerajaan 2030.

Menurut Kementerian Haji Saudi, jumlah penerima manfaat aplikasi Nusuk mencapai lebih dari 20 juta. Hal ini meliputi jamaah yang melaksanakan umroh dan sholat di Masjidil Haram, mengunjungi Masjid Nabawi, selain berdoa di Rawdah Sharif.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement