Jumat 21 Oct 2022 23:01 WIB

Masjid Haci Bayram, Jantung Kota Tua Ankara

Masjid ini berbentuk persegi panjang.

Masjid Haji Bayram di Ankara, Turki.
Foto: Tripadvisor.co.uk
Masjid Haji Bayram di Ankara, Turki.

IHRAM.CO.ID,  Jika Anda berkesempatan menyambangi Ankara, Turki, tentunya jangan lupa untuk melangkahkan kaki menuju Masjid Haci Bayram (selanjutnya ditulis sebagai Haji Bayram). Masjid ini berada di Ulus, sebuah tempat bersejarah yang pernah menjadi jantung dari kota tua Ankara.

Masjid di daerah perbukitan ini dibangun sekitar 1427 yang didedikasikan untuk Haji Bayram Veli. Ia adalah seorang sufi yang menjadi pendiri tarekat Bayramiah. Lokasi masjid ini semua adalah sebuah kuil yang dibangun oleh Kaisar Romawi Augustus pada sekitar 25-20 SM. Sisa-sisa kuil itu masih terlihat hingga kini. 

Baca Juga

Semasa perjalanannya, masjid ini tercatat mengalami dua kali renovasi. Pada abad ke-16, masjid ini direstorasi oleh seorang arsitek ternama Mimar Sinan. Lalu pada 1714, cucu dari Haji Bayram melakukan lagi pemugaran terhadap bangunan tersebut.

 Walau waktu telah menggerusnya, eksistensi masjid ini justru menjadi salah satu destinasi wisatasan berkunjung ke Ulus pada masa sekarang. Karakteristik bangunannya memperlihatkan ciri khas desain dari abad ke-17 dan 18. Bangunan itu bercirikan dengan bentuk bangunan yang jangkung dan terkesan kaku.

Mengutip tulisan yang ada di laman Ankara City Guide, masjid ini berbentuk persegi panjang. Bersebelahan dengan masjid, terdapat makam Haji Bayram dan sebuah minaret. Masjid ini memiliki atap heksagonal berdimensi 13,5 x 20 meter. Total luas bangunannya sekitar 700 meter persegi yang terdiri dari dua tingkat.

Selintas dari sisi luar, kesan bangunan masjid terasa kaku. Bahkan, terselip kesan bentuk masjid ini menyerupai kastil. Dinding masjidnya tersusun dari material batu bata dengan fondasi batu. Warna dindingnya dibiarkan alami.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement