Rabu 31 Aug 2022 00:31 WIB

Ini yang Dikatakan Pria Ketika Memakai Simulator Nyeri Haid

Para pria yang menggunakan simulator tidak tahan dengan rasa sakitnya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Beberapa pria di Kanada mencoba simulator nyeri haid, dan ini yang merek katakan. (ilustrasi)
Foto: www.flickr.com
Beberapa pria di Kanada mencoba simulator nyeri haid, dan ini yang merek katakan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa pria di Kanada memiliki kesempatan untuk merasakan bagaimana rasa sakit yang sering datang saat menstruasi. Perusahaan pereda nyeri haid yang berbasis di Vancouver, British Columbia, suatu hari menjalankan simulator antara 7 Juli dan 16 Juli di Calgary Stampede.

Ini adalah sebuah rodeo, pameran, dan festival tahunan di Alberta. Perusahaan tersebut pun mengunggah beberapa video pria tersebut ke media sosial.

Baca Juga

"Itu membuat Anda ingin jatuh, saya merasa ingin muntah," ujar seorang sukarelawan di Level 7 pain seperti dilansir laman News Week, Selasa (30/8/2022).

CEO dan salah satu pendiri, Lex Perry, mengatakan maksud simulator ini digunakan adalah agar suatu hari nanti tidak ada percakapan "canggung" mengenai sakit menstruasi yang perempuan rasakan.

 

Perempuan yang mengalami menstruasi mengalami pelepasan lapisan rahim setiap 28 hari sekali, yang menyebabkan perdarahan dan kram yang berhubungan dengan menstruasi. Rasa sakit berasal dari berkontraksinya dinding rahim saat mengeluarkan lapisan tersebut. Kram ini bervariasi dari orang ke orang dalam hal tingkat dan durasi rasa sakit.

Prostaglandin adalah bahan kimia seperti hormon yang memicu kontraksi otot rahim ini, yang berarti bahwa tingkat prostaglandin yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan periode yang lebih menyakitkan. Penelitian telah menemukan bahwa 84,1 persen orang yang mengalami menstruasi mengalami beberapa tingkat rasa sakit selama menstruasi, dan 32 hingga 40 persen melaporkan rasa sakit yang sangat parah sehingga mereka harus tinggal di rumah setelah bekerja atau sekolah. Haid cenderung berlangsung antara empat dan delapan hari.

Masalah lain yang dapat memperburuk kram menstruasi termasuk endometriosis, yaitu ketika jaringan yang biasanya hanya ditemukan di dinding rahim (endometrium) tumbuh di bagian luar rahim, seperti pada saluran tuba, ovarium, atau jaringan yang melapisi panggul. Simulator perusahaan memiliki 10 tingkat kemungkinan rasa sakit, dengan level 10 menjadi rasa sakit terburuk yang biasanya dirasakan oleh orang-orang pada periode mereka. Level 4 hingga 5 adalah di mana siklus rata-rata duduk dalam hal rasa sakit, dengan apa pun di atas itu kemungkinan disebabkan oleh semacam masalah menstruasi.

Perry menjelaskan, menstruasi yang dia alami umumnya memberikan rasa sakit dan kram level 10, karena endometriosisnya dan dia mengalami rasa sakit itu selama tujuh hari berturut-turut. Simulator haid mengirimkan arus listrik melalui otot-otot perut orang-orang yang terhubung, menyebabkan otot-otot mereka berkontraksi dan melentur dengan cara yang mirip dengan kram rahim selama menstruasi.

"Itu mengerikan, ya Tuhan," kata seorang sukarelawan ketika Perry meningkatkan rasa sakitnya ke level sembilan. "Saya tidak bisa membayangkan mencoba berjalan-jalan, atau pergi bekerja atau semacamnya."

"Sekarang temukan cara untuk menambah kembung, migrain, perubahan mendadak antara mengidam dan mual, dan nyeri sendi," tulis salah satu komentar di bawah video.

Gejala lain dari menstruasi yang tidak disimulasikan oleh pengalaman kram termasuk kembung, nyeri payudara, perubahan suasana hati, jerawat dan libido rendah. Di AS, Rp 29 miliar dihabiskan setiap tahun untuk produk menstruasi, dengan rata-rata wanita menggunakan sekitar 17 ribu tampon atau pembalut selama periode seumur hidup.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement