Sabtu 27 Aug 2022 21:00 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, WHC- GP Ansor Gelar Workshop Pendampingan Produk Halal

Sertifikasi halal saat ini menjadi hal yang sangat penting.

Rep: Bowo S Pribadi/ Red: Agung Sasongko
Kegiatan Workshop Pendampingan Proses Produk Halal (PPH) bagi Pelaku usaha di Jawa  Tengah, yang digelar Walisongo Halal Center (WHC) berkolaborasi dengan PW GP Ansor Jawa Tengah, di Semarang, Jumat (26/8).
Foto: Istimewa
Kegiatan Workshop Pendampingan Proses Produk Halal (PPH) bagi Pelaku usaha di Jawa Tengah, yang digelar Walisongo Halal Center (WHC) berkolaborasi dengan PW GP Ansor Jawa Tengah, di Semarang, Jumat (26/8).

IHRAM.CO.ID, SEMARANG -- Dorong ekosistem dan sertifikasi halal bagi kalangan pelaku usaha di Jawa Tengah, Walisongo Halal Center (WHC) menggelar kegiatan Workshop Pendampingan Proses Produk Halal (PPH), Jumat (26/8/2022).

Dalam Kegiatan ini, WHC berkolaborasi dengan Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Tengah, kegiatan bertujuan untuk mendapatkan Sertifikat Halal Gratis (SEHATI) bagi pelaku usaha di Jawa Tengah.

Baca Juga

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Prof Dr Imam Taufiq Mag mengatakan, sertifikasi halal saat ini menjadi hal yang sangat penting, di tengah ekosistem halal Indonesia yang kini semakin menjadi gaya hidup di masyarakat.

Maka garansi sertifikasi halal kini telah menjadi tren baru dan menjelma menjadi labeling utama berbagai produk UMKM. “Saat ini, semua produk bersaing untuk mendapatkan labeling halal,” tegasnya.

UIN Walisongo, lanjutnya, harus menjadi yang terdepan sekaligus motor penggerak dalam mengawal proses sertifikasi halal. Salah satunya adalah dengan menggandeng PW GP Ansor Jawa Tengah yang akan menjaring masyarakat lebih banyak.

Karena hal ini akan melebarkan sayap WHC untuk terus memperluas ekosistem halal di Indonesia. “Sinergi semacam ini, akan lebih banyak dan lebih luas di berbagai bidang guna mendorong penguatan ekosistem halal,” tandasnya.

Pengurus PW GP Ansor Jawa Tengah, Dr Shidqon Prabowo menambahkan, pelatihan pendampingan sertifikasi halal ini sangatlah penting. Segmen pasar yang begitu luas menjadi alasan utamanya.

Menurutnya, tren halal ini bukan hanya sebatas pada aspek produk, akan tetapi juga terus meluas pada gaya hidup lainnya di Indonesia, seperti industri pariwisata, kosmetik hingga gaya berpakaian.

Maka penting bagi para pelaku usaha tersebut diberikan pendampingan sertifikasi halal. “Supaya masyarakat yang kita dampingi dapat memperkuat usaha, inovasi baru di bawah koridor halal,” tandas Shidqon, dalam kegiatan yang diikuti 150 pserta ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement