Senin 22 Aug 2022 23:39 WIB

Pemkab Kediri Gelar Parade Tumpeng Meriahkan HUT Ke-77 RI

Kegiatan semacam itu rencananya akan tetap bisa diadakan di tahun-tahun berikutnya.

Pemkab Kediri Gelar Parade Tumpeng Meriahkan HUT Ke-77 RI (llustrasi)
Foto: ANTARA/Anis Efizudin
Pemkab Kediri Gelar Parade Tumpeng Meriahkan HUT Ke-77 RI (llustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggelar parade tumpeng hasil bumi yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 RI di area Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengemukakan kegiatan ini bukan hanya parade tumpeng hasil bumi melainkan juga parade barong dan parade egrang kreasi. Ini semua memeriahkan HUT Ke-77 RI.

Baca Juga

"Tadi ada 77 barongan, 77 tumpeng hasil bumi dan 77 egrang, semua serba 77 karena memperingati 77 tahun Republik Indonesia berdiri," kata Bupati di Kediri, Senin (22/8/2022).

Bupati berharap dengan kegiatan ini masyarakat terutama di Kabupaten Kediri diberikan kesehatan.

"Harapan saya, di 77 tahun Indonesia merdeka ini, masyarakat Kabupaten Kediri selalu diberikan kebahagiaan dan kesehatan," kata Mas Dhito, sapaan akrabnya. berteriak mengamini.

Ia juga mengatakan kegiatan semacam itu rencananya akan tetap bisa diadakan di tahun-tahun berikutnya.

Dirinya pun meminta masyarakat untuk tertib. Bagi masyarakat yang ingin mengambil tumpeng hasil bumi baik sayuran, buah atau apa saja untuk bisa tertib.

"jangan sampai karena berebut tumpengan hasil bumi, harus ada yang terluka atau hal-hal yang tidak diinginkan," kata Mas Dhito.

Tumpeng yang disajikan dalam parade tumpeng hasil bumi memeriahkan HUT Ke-77 RI itu diletakkan di area Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri.

Tumpeng yang disajikan itu ada beragam hasil bumi. Seluruhnya dibentuk dengan menarik berupa gunungan.

Seluruh tumpeng diarak dari Convention Hall sampai depan bank daerah di area SLG Kabupaten Kediri.

Begitu tiba di garis finis, depan bank daerah area SLGK Kabupaten Kediri, setelah doa bersama, tumpeng itu menjadi rebutan warga. Mereka mengambil beraneka sayuran, buah-buahan maupun tanaman pangan seperti jagung, padi dan ubi yang dihias berbentuk tumpeng.

Selain itu, peserta lainnya juga unjuk kebolehan seperti barong, egrang kreasi. Bahkan, terdapat pentas dari pelajar SMA/SMK yang mengenakan beraneka ragam busana, fashion show menggunakan egrang.

Didin, salah satu panitia yang daerahnya ikut serta dalam acara itu mengaku cukup senang. Ia dengan rekan lainnya ingin menunjukkan potensi di daerahnya, sehingga bisa lebih dikenal masyarakat.

"Tentunya kami senang bisa berpartisipasi dalam acara ini. Kami bisa membawa hasil bumi yang diperoleh dari tanaman petani kami," kata Didin.

Sebelumnya, beragam kegiatan juga telah digelar memeriahkan HUT Ke-77 RI, seperti konser musik, ngaji dengan Cak Nun, dan beragam acara lainnya. Masyarakat juga antusias dengan acara yang digelar terbukti dari jumlah peserta yang hadir melebihi target.

Selain itu, pemkab juga menggelar pameran pembangunan, bazar UMKM dan festival kuliner di area SLG, Kabupaten Kediri. Acara itu digelar mulai 22-27 Agustus 2022. Adapun, pelaku UMKM dan kuliner yang tampil merupakan perwakilan dari tiap kecamatan dengan ciri khas daerahnya masing-masing. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement