Ahad 21 Aug 2022 08:36 WIB

Pertahankan Warisan Budaya Bangsa, Portina Bekasi Gelar Olahraga Tradisional

Digelarnya olahraga tradisional untuk mempertahankan warisan budaya bangsa.

Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar eksebisi sekaligus lomba olahraga tradisional dari berbagai nomor cabang olahraga untuk memperingati HUT RI Ke-77.
Foto: Dok. Web
Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar eksebisi sekaligus lomba olahraga tradisional dari berbagai nomor cabang olahraga untuk memperingati HUT RI Ke-77.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar eksebisi sekaligus lomba olahraga tradisional dari berbagai nomor cabang olahraga untuk memperingati HUT RI Ke-77. Menurut Ketua umum Portina Kabupaten Bekasi Ibnu Hidayat, nomor cabang olahraga tradisional yang diperlombakan pada tahun ini meliputi egrang, ketapel, terompah panjang, lari balok serta sumpitan. “Eksebisi olahraga tradisional tahun ini digelar di Jl. Dahlia Raya, RW 13, Kel. Jati Mulya, Kec. Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat,” ungkap Ibnu pada Sabtu (20/8/2022).

Olahraga tradisional yang diikuti oleh 380 peserta tersebut, lanjut Ibnu Hidayat, digelar selama dua hari mulai 20 hingga 21 Agustus 2022 dengan melibatkan partisipasi sebanyak 10 RT. “Hari pertama kami menggelar eksebisi untuk sosialisasi atau memperkenalkan olahraga tradisional kepada warga. Di hari kedua, baru kami memperlombakan 5 cabang olahraga tradisonal tersebut,” kata Ibnu menambahkan.

Baca Juga

Agar para peserta merasa nyaman atau tidak kaku ketika mengadu keterampilan pada berbagai nomor cabang olahraga tradisional, pihak panitia mendatangkan pelatih seperti mahasiswa-mahasiswa dari Universitas Islam 45 Bekasi. “Sebagai sosialisasi olahraga tradisional sekaligus melenturkan otot para peserta, sebulan sebelum pertandingan, kami juga memperkenalkan alat bertanding dan menguji cobanya kepada para peserta,” kata Ibnu.

Portina Kabupaten Bekasi lanjut Ibnu akan mensosialisasikan olahraga tradisional tersebut ke-23 kecamatan di Kabupaten Bekasi. “Ke depannya setiap kecamatan akan menggelar lomba olahraga tradisional, bahkan jumlah cabang olahraga tradisional yang diperlombakan akan ditambah jumlahnya. Lomba gebuk bantal yang sudah dibakukan oleh Kemenpora sebagai salah satu cabang olahraga tradisional, pada tahun depan juga akan diperlombakan,” kata Ibnu.

Digelarnya olahraga tradisional untuk mempertahankan warisan budaya bangsa juga mendapat dukungan dari Camat Tambun Selatan Junaefi yang hadir pada acara sosialisasi di GOR Bulutangkis Dahlia Timur. Generasi milenial saat ini jelas Junaefi sangat disibukan dengan aktivitas sehari-hari didepan layar HP sehingga aktivitas tubuh atau fisiknya kurang mengalami pergerakan. “Dengan adanya sosialisasi dan eksebisi olahraga tradisional, generasi milenial kembali diolahragakan jiwa dan raganya. Selain melestarikan warisan budaya bangsa, olahraga tradisional juga sangat bermanfaat dalam mengolahragakan masyarakat,” kata Junaefi.

Selain menggandeng Kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora), Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) serta Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), sosialisasi dan eksebisi olahraga tradisional yang diadakan oleh Portina Kabupaten Bekasi di Jl. Dahlia Raya, RW 13, Kel. Jati Mulya, Kec. Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat juga turut melibatkan sejumlah pihak lainnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Pembina Portina sekaligus anggota DPRD Kab. Bekasi H. Muhammad Jamil, Wakil Ketua DPRD Kab. Bekasi M Nuh, komedian yang juga duta olahraga tradisional Komeng, tokoh sekaligus budayawan Bekasi Drahim Sada, Wakil Ketua Portina Jawa Barat Ari Dwi, perwakilan Portina pusat yang diwakili oleh Sekjen Asdiar Bachtiar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement