Rabu 17 Aug 2022 13:16 WIB

Gubernur Kalteng Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

Mari kita lanjutkan cita-cita perjuangan kemerdekaan para pendahulu kita

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Prov Kalteng tahun 2022 di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (17/08/2022).
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Prov Kalteng tahun 2022 di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (17/08/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Prov Kalteng tahun 2022 di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (17/08/2022). HUT ke-77 RI mengambil tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemprov. Kalteng. Peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemprov Kalteng.

Dalam amanatnya, Irup H Sugianto Sabran menyampaikan semangat pengorbanan, ketangguhan, dan persatuan para pahlawan harus terus diwarisi dan dipupuk bersama. Ini sebagai kekuatan dalam mengatasi berbagai tantangan dan persoalan bangsa yang pasti semakin berat ke depan seperti tantangan ekonomi, digitalisasi, kemiskinan, penyalahgunaan narkoba, bencana alam banjir dan karhutla, dan termasuk pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda.

H Sugianto Sabran berharap peringatan HUT ke-77 RI ini dapat menjadi momentum bagi semua untuk semakin mempererat rasa kebersamaan, menumbuhkembangkan semangat gotong royong, dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

 

“Mari kita lanjutkan cita-cita perjuangan kemerdekaan para pendahulu kita, dengan terus berkarya, sesuai bidang masing-masing, turut serta memajukan pembangunan dan kesejahteraan bangsa, khususnya masyarakat Kalimantan Tengah” tandas Sugianto Sabran.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur mengutarakan para veteran di Kota Palangka Raya akan diberikan tali asih sebesar Rp 250 juta per orang. Sugianto Sabran menginstruksikan sekretaris daerah untuk menyurati bupati/wali kota se-Kalteng mengganggarkan bantuan untuk para veteran dari APBD masing-masing daerah.

“Kita mengerti, kita memahami, apa yang kita berikan ini tidak seberapa dengan apa yang telah diperjuangkan. Kita melihat ada veteran yang berumur 107 tahun, 90 tahun bahkan pendengaranpun sudah ada yang tidak bisa mendengar, ada yang bisa mendengar tapi kadang-kadang tidak,” ucap Sugianto.

Orang Nomor Satu di Bumi Tambun Bungai ini juga menginstruksikan Rumah Sakil (RS) se-Kalteng khususnya RS provinsi untuk melayani veteran sebaik-baiknya sama dengan melayani wakil gubernur serta forkopimda. Upacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI berlangsung khidmat dan lancar, seluruh personil upacara nampak sangat antusias mengikuti proses tahapan upacara.

Turut hadir Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo, Ketua DPRD Prov Kalteng Wiyatno, Unsur Forkopimda Prov Kalteng. Lalu Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Ketua TP-PKK Prov Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Kepala Perangkat Daerah Prov Kalteng, Kepala Instansi Vertikal Prov Kalteng, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Perbankan/ BUMN/ BUMD, Pejuang/Veteran, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Masyarakat, Organisasi Keagamaan, Cendikiawan, Organisasi Kepemudaan serta PWI/ Media Cetak/ Elektronik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement