Selasa 16 Aug 2022 05:47 WIB

Pejabat Kemkumham, Polisi, Hingga TNI Berebut Kursi Dirjen Imigrasi

Latar belakang peserta seleksi dirjen Imigrasi beragam.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Hafil
Pejabat Kemkumham, Polisi, Hingga TNI Berebut Kursi Dirjen Imigrasi. Foto: Ilustrasi paspor
Foto: ANTARA/Irwansyah Putra
Pejabat Kemkumham, Polisi, Hingga TNI Berebut Kursi Dirjen Imigrasi. Foto: Ilustrasi paspor

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebanyak 10 orang peserta lulus seleksi administrasi jabatan pimpinan tinggi madya untuk posisi Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Dirjen Imigrasi Kemkumham). Para pelamar didominasi pejabat dari internal Kemkumham. 

Peserta yang dinyatakan lulus, wajib mengikuti tahapan seleksi berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (penulisan makalah) dan Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural (asesmen). 

Baca Juga

Seleksi Kompetensi Bidang dilaksanakan pada Senin, 15 Agustus 2022 di Graha Pengayoman, Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham. Sedangkan Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural (asesmen) diselenggarakan pada 16 - 19 Agustus 2022.

Selain kedua seleksi tersebut, peserta harus melalui tahap wawancara, yang jadwalnya akan diumumkan usai pelaksanaan Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural.

"Seleksi ini adalah kesempatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui pemajuan layanan keimigrasian," kata Sekretaris Jenderal Kemkumham, Andap Budhi Revyanto dalam keterangan pers pada Senin (15/8/2022). 

Nama-nama 10 peserta yang masuk ke tahap seleksi selanjutnya di antaranya adalah:

1. Dicky Fabrian

2. Jamaruli Manihuruk

3. Masyhudi

4. Julexi Tambayong

5. Maulana

6. Ratna Pristiana Mulya

7. Widodo Ekatjahjana

8. Hermansyah Siregar

9. Lucky Agung Binarto

10. Eddy Hartono

Kesepuluh orang tersebut dianggap memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik. Mereka pun wajib punya pengalaman dalam bidang tugas terkait jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 7 tahun; serta sehat jasmani dan rohani. 

"Ambil kesempatan ini. Gunakan kemampuan untuk pemajuan pelayanan keimigrasian. Sekaligus sebagai pengembangan karir," ujar Andap. 

Latar belakang para peserta terbilang beragam. Sebagian besar di antaranya merupakan ASN di Kemenkumham. Jamaruli Manihuruk saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum Kemkumham. Hermansyah Siregar saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Kemenkumham. 

Sedangkan Lucky Agung Binarto merupakan Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM bidang Ekonomi. Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Imigrasi saat ini yang juga ikut serta dalam seleksi, Widodo Ekatjahjana. 

Sementara itu, Dicky Fabrian dan Masyhudi adalah dua orang peserta berlatar belakang ASN yang berasal dari Kementerian Luar Negeri dan lingkungan Kejaksaan.

Selain peserta berlatar belakang ASN, hadir pula peserta berlatar belakang polisi yaitu Ratna Pristiana Mulya sebagai Direktur Intelijen Keimigrasian dan  Eddy Hartono yang sejak 2021 lalu menjabat sebagai Widyaiswara di Lembaga Diklat Polri. Terakhir adalah Julexi Tambayong menjadi satu-satunya peserta seleksi berlatar belakang TNI AU.

Setiap perkembangan seleksi terbuka dapat diakses pada laman pansel.kemenkumham.go.id. Andap berharap peserta dapat aktif mengikuti perkembangan seleksi untuk mencegah kegagalan karena kelalaian peserta sendiri. 

"Kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab pelamar," ujar Andap. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement