Rabu 10 Aug 2022 06:29 WIB

Kastil Tabuk Monumen Bersejarah Terpenting di Saudi

Kastil Tabuk berdiri tegak sebagai salah satu monumen bersejarah terpenting di Saudi.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Dhat Al-Hajj, Benteng Bersejarah di Tabuk
Foto: Arab News
Dhat Al-Hajj, Benteng Bersejarah di Tabuk

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Kastil Tabuk berdiri tegak sebagai salah satu monumen bersejarah terpenting di Arab Saudi, karena lokasinya memiliki hubungan dengan situs tempat Nabi Muhammad tinggal selama Pertempuran Tabuk.

Dilansir dari laman Arab News pada Senin (8/8/2022), Benteng kuno adalah salah satu stasiun di Jalan Shami Hajj, yang menghubungkan Syam dan Madinah. Jalan memiliki istana dan stasiun mulai dari perbatasan Yordania ke Madinah.

Adapun konstruksi kastil dimulai pada 1586. Kemudian dipugar pada 1653 dan direnovasi serta dipugar kembali pada 1843. Di mihrab masjid terdapat prasasti untuk menandai peristiwa tersebut.

Selanjutnya kastil ini direnovasi lagi pada 1950 dan pada 1992 oleh Badan Purbakala dan Museum di bekas Kementerian Pendidikan.

Otoritas Umum Pariwisata dan Warisan Nasional memainkan peran penting dalam merenovasi kastil pada 2012. Bangunan tersebut sekarang menjadi museum arkeologi dengan banyak artefak dan barang warisan yang dipamerkan.

Ini terbuka untuk pengunjung sepanjang pekan. Kastil ini memiliki dua lantai, dengan lantai dasar terdiri dari halaman terbuka, kamar, masjid, dan sumur.

Lantai atas memiliki masjid dan kamar musim panas terbuka, di samping tangga lain yang mengarah ke menara yang digunakan untuk menjaga dan mengamati. Di belakang kastil, ada kolam kerajaan, yang satu persegi dan lainnya persegi panjang.

Wilayah Tabuk memiliki monumen, landmark, kastil, dan istana yang mencerminkan kedalaman era sejarah dan peradaban di wilayah tersebut, itu memiliki warisan ribuan tahun. Lokasi geografisnya sangat penting untuk rute perdagangan sepanjang sejarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement