Rabu 10 Aug 2022 00:10 WIB

One Piece Film: Red Jadi Film Terlaris di Jepang

'One Piece Film: Red' jadi film terlaris kalahkan 'Detective Conan'.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Nora Azizah
'One Piece Film: Red' jadi film terlaris kalahkan 'Detective Conan'.
Foto: Shueisha
'One Piece Film: Red' jadi film terlaris kalahkan 'Detective Conan'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- One Piece Film: Red tayang perdana di 376 bioskop di seluruh Jepang pada Sabtu (6/8/2022). Film tersebut menjadi nomor satu pada peluncuran tahun ini di Jepang yang menghasilkan 16,92 juta dolar AS mengalahkan Detective Conan: The Bride of Halloween pada bulan April lalu.

Red menjadi film ke 15 one piece dari franchise anime One Piece. Selain itu film tersebut mampu membubuhkan rekor pembukaan terbaik dalam sejarah distributor Toei.

Baca Juga

Setidaknya dilihat dari pendapatan kotor pada Sabtu-Ahad sejak pertama film dirilis sekitar 280 persen melampaui film ke-14 sebelumnya, yakni One Piece Stampede yang dirilis pada Agustus 2019. Selain itu juga melampaui sekitar 164 persen dari film terlaris dalam sejarah franchise anime One Piece pada film ke-12, yakni film One Piece Film Z yang rilis Desember 2012 lalu.

Menurut Oricon News, dilansir Selasa (9/8/2022), Toei berharap bahwa kinerja keseluruhan film akan mencapai angka 10 miliar yen, tetapi itu mungkin tergantung pada seberapa baik penyebaran beritanya di masa mendatang. Misalnya, film-film hit baru-baru ini yang telah mencapai tonggak sejarah tersebut.

Sementara itu, penerimaan kritis terhadap film tersebut beragam. Itu hanya peringkat ketiga dalam peringkat kepuasan hari pertama Filmarks dengan peringkat rata-rata 3,80/5,0 berdasarkan 5.364 ulasan. Hal ini dinilai jauh lebih rendah dari Gundam Reconguista di G: V Shisen wo Koete , yang mengambil tempat pertama dengan 4.14/5.0 meskipun merupakan bab kelima dari seri film kompilasi dari anime TV. 

Fakta menarik datang dari Eiichiro Oda sebagai Ibu yang menelurkan cerita One Piece. Oda tidak menulis satupun naskah film One Piece, termasuk Red. Namun, Oda akan mengamati dengan seksama alur cerita dalam film Red. Selain itu, ia akan menghadirkan sebuah tokoh perempuan yang belum pernah muncul di manga dan anime.

“Saya lelah menggambar kakek tua yang legendaris di dalam film, saya ingin menggambar karakter perempuan kecil baru, itulah karakter yang ingin saya buat sekarang, dan begitulah semua ini dimulai.” kata Oda dilansir dari CBR. 

Dikutip dari Shonen Jump News, Oda menyampaikan bahwa film One Piece : Red akan menceritakan secara khusus petualangan Bajak laut berambut merah, Akagami Shanks dan anaknya Uta. 

Penggarapan film One Piece: Red sendiri akan dikepalai oleh sutradara Goro Taniguchi. menurut CBR, Goro adalah veteran spesialis anime yang memiliki banyak pengalam dari menggarap Mobile Suit Gundam (1979) sampai Code Geass (2006).  

“Taniguchi adalah orang pertama yang menganimasikan Luffy di Dunia,” tambah Oda. 

Terhitung sudah dua dekade sejak rilis pertama kali film One Piece : The Movie pada tahun 2000. Sejak itu, Red akan jadi film ke-15 yang akan tayang pada 6 Agustus 2022 mendatang.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement