Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Wonderful NTB Fashion Week Angkat Kearifan Lokal Karya UMKM

Senin 08 Aug 2022 01:09 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Kain tenun produk UMKM NTB. Wonderful NTB Fashion Week mengangkat kearifan lokal karya UMKM di daerah itu.

Kain tenun produk UMKM NTB. Wonderful NTB Fashion Week mengangkat kearifan lokal karya UMKM di daerah itu.

Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Wonderful NTB Fashion Week mengangkat kearifan lokal karya UMKM di daerah itu.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Wonderful NTB Fashion Week yang digelar OK Oce Indonesia di area Car Free Day Jalan Udayana, Mataram, Ahad (7/8) pagi, menjadi ajang promosi mengangkat kearifan lokal melalui seni dan kreativitas hasil karya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini.

Salah satu penggerak OK Oce Wonderful NTB Henda Apriyan yang ditemui di sela kegiatan, mengatakan, kegiatan Wonderful NTB (Nusa Tenggara Barat) Fashion Week merupakan kegiatan pertama OK Oce Indonesia yang beranggotakan para UMKM Alumni Widuri (Wirausaha Digital Mandiri) Kemenparekraf 2021, dengan melibatkan sekitar 10 pelaku UMKM lokal.

"Ini merupakan kegiatan fashion show dengan konsep street fashion yang bertemakan casual dan sporty," kata Henda.

Karenanya, untuk mempromosikan berbagai hasil produk UMKM berupa busana khususnya tenun, aksesoris fashion berupa mutiara, dan produk UMKM lokal NTB lainnya, dilibatkan lima model catwalk.

Selain itu, UMKM dalam bidang kuliner juga terlibat, termasuk pelaku usaha dari videografis, serta mendatangkan bintang tamu "Asal" yang merupakan desainer lokal NTB.

Dalam kegiatan tersebut OK Oce Indonesia juga membuka pojok konseling psikolog melibatkan tim dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma yang membuka stan dan siap melayani konsultasi kepada para pengunjung serta pemeriksaan kesehatan.

Beberapa produk ekraf yang turut meramaikan kegiatan ini antara lain SEKARDIU, Kinasih Gallery, Uniwis, Oktina Mutiara Jewerly, Kedai Guerame, Roti Sere. "Jadi dalam satu kegiatan, kita bisa melakukan banyak hal untuk mempromosikan berbagai seni dan budaya kearifan lokal hasil karya UMKM NTB," katanya.

Henda mengatakan, dengan melihat antusias peserta, pelaku UMKM, serta masyarakat dalam kegiatan Wonderful NTB Fashion Week hari ini, kemungkinan kegiatan ini akan dijadawalkan setiap pekan.

"Untuk lokasi akan kita tetapkan kemudian. Kesuksesan kegiatan hari ini akan kita sampaikan ke Ketua OK Oce Indonesia Sarinda Farid Rifky yang tidak bisa hadir karena ada tugas keluar daerah," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA