Selasa 28 Jun 2022 03:35 WIB

Percepat Pembangunan, Pemkot Sukabumi Perkuat Data Statistik Sektoral

Kedepan akan dibentuk tim teknis data di setiap OPD dan Diskominfo sebagai wali data

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Pemkot Sukabumi berupaya memperkuat data statistik sektoral. Langkah ini untuk mendorong terwujudnya satu data Indonesia.
Foto: istimewa
Pemkot Sukabumi berupaya memperkuat data statistik sektoral. Langkah ini untuk mendorong terwujudnya satu data Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemkot Sukabumi berupaya memperkuat data statistik sektoral. Langkah ini untuk mendorong terwujudnya satu data Indonesia.

Hal ini mengemuka dalam sosialisasi satu data yang diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Sukabumi di Kantor Bappeda Kota Sukabumi, Senin (27/6/2022). Pada momen tersebut hadir Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi dan dari Forum Satu Data Kota Sukabumi.

Baca Juga

'' Capaian statistik sektoral pada tahun 2021 telah mencapai 100 persen,'' ujar Kepala Bidang Statistik, Persandian dan Keamanan Informasi (Stadiksi) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi, Eneng Rahmi.

Di mana pada tahun ini akan terus diperkuat. Khususnya  terkait pemenuhan data pada website opendata.sukabumikota.go.id. Oleh karenanya akan dibentuk operator pada masing-masing OPD. Setelah sebelumnya peran operator untuk menginput data dilakukan oleh Diskominfo. Selain itu hal lain yang tengah digarap adalah interoperabilitas aplikasi, yang akan semakin memudahkan lalu lintas data antar OPD.

Pembentukan operator data disetiap OPD ini penting. Kedepannya akan dibentuk tim teknis data pada setiap OPD dan Diskominfo sebagai wali data akan berperan sebagai pengelola.

Kepala BPS Kota Sukabumi, Urip Ageng Santoso menilai Forum Data Satu Kota Sukabumi sudah menunjukkan kemajuan yang berarti. Mekipun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti pelibatan instansi vertikal dalam penyediaan data.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement