Sabtu 18 Jun 2022 23:59 WIB

Keterisian Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Bertambah 77 Orang

RSDC Wisma Atlet mencatat pasien baru Covid-19 bergejala ringan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, mencatat pasien bertambah jadi sebanyak  77 orang per Sabtu (18/6/2022) malam. Tren peningkatan masuknya pasien ke RSDC Wisma Atlet terlihat sejak sepekan terakhir.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, mencatat pasien bertambah jadi sebanyak 77 orang per Sabtu (18/6/2022) malam. Tren peningkatan masuknya pasien ke RSDC Wisma Atlet terlihat sejak sepekan terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, mencatat pasien bertambah jadi sebanyak  77 orang per Sabtu (18/6/2022) malam. Tren peningkatan masuknya pasien ke RSDC Wisma Atlet terlihat sejak sepekan terakhir.

"Laporan Hunian Pasien RSDC Kemayoran di tower 5 & 6 bertambah 2 Menjadi 77 Pasien per Sabtu malam pukul 18.00 WIB," ujar Humas RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Mintoro Sumego saat dihubungi Republika, Sabtu.

Kendati demikian, RSDC mencatat gejala pasien yang dirawat ringan. Dari 77 pasien yang dirawat, sebanyak 56 orang di antaranya mengalami simtomatis ringan dan 11 pasien lainnya memiliki penyakit penyerta (komorbid). RSDC mencatat, tren masuknya pasien ke Wisma Atlet meningkat sejak sepekan terakhir.

Terkait penyebab bertambahnya kasus Covid-19, ia mengatakan ini akibat omicron subvarian BA.4 dan BA.5. Selain itu,dia melanjutkan, ada yang baru pulang dari luar negeri dan kemudian terpapar Covid-19.

Ini terlihat dari bertambahnya kedatangan pelaku perjalanan ini berbanding lurus dengan kenaikan kasus positif. Kendati demikian, Mintoro mengatakan, RSDC telah menyiapkan 3.801 tempat tidur di Tower 5 dan 6 untuk mengantisipasi peningkatan pasien.

Selain itu, dia melanjutksn, sebanyak 339 relawan medis dan non-medis masih disiagakan. Lebih lanjut pihaknya berharap pasien yang dirawat di Wisma Atlet tidak membludak karena ada keterbatasan tempat tidur.

Meski pasien yang masuk RSDC bertambah, pihaknya optimistis RSDC bisa menampung seluruh pasien karena ada juga pasien yang keluar. Lebih lanjut untuk mencegah penularan dan yang dirawat di RsDC bertambah, Mintoro mengingatkan masyarakat tetap terapkan protokol kesehatan. 

"Selain itu jangan lupa vaksinasi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement