Jumat 20 May 2022 23:47 WIB

Soal Survei SMRC, Faldo: Tantangan Bagi Jajaran Pemerintah Bekerja Sebaik Mungkin

Stafus Mensesneg komentari soal hasil survei SMRC.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan
Mudik lebaran (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Mudik lebaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Faldo Maldini, mengomentari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menyatakan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi naik. Ia mengatakan, hal ini menjadi tantangan bagi jajaran pemerintah untuk terus bekerja sebaik mungkin.

Faldo mengatakan, penyelenggaraan mudik tahun ini sangat menantang. Antusiasme masyarakat untuk merayakan Lebaran di kampung halaman sangat tinggi, setelah dua kali Lebaran pemerintah melarang mudik.

Baca Juga

"Penyelenggaraan mudik yang lalu sangat menantang. Berbagai persiapan yang melibatakan pemerintah pusat, berbagai sektor, hingga daerah menunjukan hasil yang diharapkan. Semuanya sudah bekerja baik," kata Faldo, Jumat (20/5/2022).

Menurut Faldo, keberhasilan ini bukan hanya karena kerja pemerintah, tapi juga karena dukungan dari masyarakat sehingga perjalanan mudik bisa berlangsung kondusif. Karena penyelenggaraan mudik tahun ini berhasil memuaskan masyarakat, sehingga kinerja Presiden Joko Widodo dinilai semakin baik, Faldo mengatakan, tantangan ke depan akan semakin berat. Sebab, ekspektasi masyarakat akan semakin tinggi.

"Penyelenggaraan mudik selanjutnya tentunya akan punya ekspektasi yang lebih besar dengan kepuasan hari ini. Semua pembelanjaran dari penyelenggaraan mudik ini akan membuat kita lebih baik lagi," ujar Faldo.

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden. Survei pada 10-12 Mei 2022 melibatkan 1.245 responden. Sebanyak 76,7 persen responden mengaku sangat dan cukup puas dengan kinerja Presiden.

Meningkatnya kepuasan publik terhadap kinerja Presiden didorong keberhasilan penanganan Covid-19 dan penyelenggaraan mudik. Sebanyak 74,6 persen responden puas dengan penanganan pandemi, 88 persen responden puas dengan pelayanan moda transportasi umum saat mudik.

Faldo mengatakan, seluruh jajaran pemerintah akan termotivasi dengan hasil survei tersebut. "Presiden selalu melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas, dinilai memuaskan tentunya jadi motivasi menjadi semakin baik untuk seluruh jajaran.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement