Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Jangan Panggil Nama Nguyen di Vietnam

Sabtu 21 May 2022 01:02 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Seorang bocah Vietnam berpose di kompleks Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). Nguyen adalah nama paling umum di Vietnam sehingga bisa menimbulkan salah panggil. Ilustrasi.

Seorang bocah Vietnam berpose di kompleks Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). Nguyen adalah nama paling umum di Vietnam sehingga bisa menimbulkan salah panggil. Ilustrasi.

Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Nguyen adalah nama paling umum di Vietnam sehingga bisa menimbulkan salah panggil

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI - Jangan panggil nama Nguyen di keramaian, karena sebagian besar orang pasti akan menoleh. Ya, Nguyen adalah nama yang paling umum dijumpai di Vietnam. Mulai dari driver ojol hingga para atlet punya nama ini.

Bahkan, saat pertama kali menginjakkan kaki di ibu kota negara bekas jajahan Prancis itu Antara bertemu dengan Nguyen Le Van Khanh, seorang relawan yang bertugas di Bandar Udara Internasional Noi Bai. Khanh mengatakan bahwa Nguyen adalah nama belakang, nama turun temurun pemberian dari keluarga, bukan nama aslinya.

Baca Juga

Dia bercerita, ketika Nguyen datang berkuasa pada 1802, banyak orang mengubah nama mereka menjadi Nguyen. Seorang warga Hanoi, Do Quyen, mengatakan bahwa nama Nguyen datang dari Ho Chi Minh, seorang tokoh revolusi dan negarawan Vietnam, yang kemudian menjadi Perdana Menteri dan Presiden Vietnam Utara, yang juga merupakan salah satu politisi paling berpengaruh pada abad ke-20.

Dia memiliki nama asli Nguyen Sinh Cung dan juga dikenal sebagai Nguyen Tat Thanh dan Nguyen Ai Quoc. Namun, dengan begitu tidak serta merta bahwa seluruh pemilik nama Nguyen memiliki hubungan darah dengan Paman Ho. Dari sejumlah sumber di internet yang dibaca Antara, dahulu beberapa orang dengan sengaja mengubah nama mereka menjadi Nguyen agar dianggap memiliki hubungan dengan Paman Ho untuk bersembunyi di balik kekuasaan Paman Ho.

Sementara itu, dari data situs web berbahasa Vietnam yang ditunjukkan Quyen, sebanyak 38,4 persen warga memiliki nama Nguyen. Nama tersebut berada di peringkat teratas dari 14 nama keluarga yang ada di Vietnam. Nama keluarga Quyen, yaitu Do, berada di urutan ke-10 dengan hanya digunakan 1,4 persen dari masyarakat Vietnam.

Ketika dua orang pemilik nama keluarga yang berbeda bertemu dan menikah, maka nama yang diturunkan ke anak adalah nama ayah. Asal kampung si anak pun yang akan tertera di kartu identitas, menurut Quyen, juga akan mengikuti ayahnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Nguyen Minh Hung, seorang pengemudi mobil yang disewa Antara. Kami memanggil pria berusia 30 tahun itu Hung. Saat Antara bertanya apakah Nguyen punya arti tersendiri, Hung bahkan mengaku tidak mengetahui arti nama Nguyen. Yang dia tahu Nguyen adalah nama keluarga yang dia dapat dari ayahnya.

"Itu adalah nama keluarga yang sudah ada dari lama. Pastinya ada banyak orang yang punya nama keluarga Nguyen," kata Hung yang berkomunikasi dengan Google Translate karena kurang mahir berbahasa Inggris.

Ambil daftar pemain timnas U23 Vietnam untuk SEA Games ke-31 sebagai contoh. Benar saja, dari 20 nama, tujuh di antaranya memiliki nama Nguyen atau sebanyak 35 persen. Bayangkan saja jika Anda memanggil salah satu orang dengan nama Nguyen, enam lainnya pasti akan ikut menoleh.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA