Rabu 04 May 2022 15:49 WIB

Bentrokan Umat Islam-Hindu, Otoritas Berlakukan Jam Malam dan Putus Internet di Jodhpur

Media lokal mengatakan setidaknya 10 orang terluka dan satu orang dibawa ke RS.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi polisi India. Bentrokan Umat Islam-Hindu, Otoritas Berlakukan Jam Malam dan Putus Internet di Jodhpur
Foto: AP/Altaf Qadri
Ilustrasi polisi India. Bentrokan Umat Islam-Hindu, Otoritas Berlakukan Jam Malam dan Putus Internet di Jodhpur

REPUBLIKA.CO.ID, JODHPUR -- Otoritas pemerintah memberlakukan jam malam dan memutuskan koneksi internet di daerah Jodhpur, ibu kota negara bagian Rajasthan di India utara, menyusul konflik antara komunitas Hindu dan Muslim di sana.

Elizabeth Puranam dari Aljazirah mengatakan ada kehadiran polisi yang sangat padat di area Gerbang Jalori, menyusul lebih banyak pertempuran antara kedua kelompok. Bentrokan dimulai pada Senin (2/5/2022) selama festival keagamaan untuk kedua komunitas, yang masing-masing ingin mengibarkan bendera agama di daerah yang sama. Muslim menandai akhir bulan Ramadhan dan umat Hindu merayakan festival yang disebut Parshuram Jayanti.

Baca Juga

"Keadaan telah tenang dalam semalam, dan sholat Idul Fitri berlangsung pada Selasa (3/5/2022) dengan damai. Namun, bentrokan antara umat Hindu dan Muslim kemudian meletus lagi setidaknya di lima wilayah berbeda di Gerbang Jalori. Media lokal mengatakan setidaknya 10 orang terluka dan satu orang dibawa ke rumah sakit,” kata Puranam.

Polisi berusaha membubarkan massa dengan menggunakan pentungan dan gas air mata. Massa kemudian menyerang sebuah pos polisi dan melukai empat petugas.

Jam malam akan tetap berlaku hingga tengah malam waktu setempat. Ketua Menteri Rajasthan Ashok Gehlot telah mengirim sekretaris dan pejabat seniornya ke daerah itu untuk memastikan kekerasan tidak meningkat. Sentimen dan serangan anti-Muslim telah melonjak di seluruh negeri pada bulan lalu, termasuk pelemparan batu antara kelompok Hindu dan Muslim selama prosesi keagamaan dan penghancuran sejumlah properti yang sebagian besar milik Muslim oleh pihak berwenang.

Komunitas Muslim, yang merupakan 14 persen dari 1,4 miliar penduduk India terhuyung-huyung dari fitnah oleh nasionalis Hindu garis keras yang telah lama mendukung sikap anti-Muslim. Beberapa pemimpin Partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata yang berkuasa di India diam-diam mendukung kekerasan tersebut, sementara Perdana Menteri Narendra Modi sejauh ini bungkam tentang hal itu.

“Banyak bagian negara yang gelisah saat ini. Para pemimpin Hindu di negara bagian Maharashtra telah memberikan tenggang waktu (4/5/2022) kepada masjid-masjid untuk melepas pengeras suara mereka karena menurut mereka adzan adalah polusi suara. Mereka meminta pengikutnya pergi ke masjid pada Rabu dan memainkan lagu-lagu Hindu dengan volume dua kali adzan jika pengeras suara tidak diturunkan,” kata dia.

https://www.aljazeera.com/news/2022/5/3/india-curfew-imposed-in-jodhpur-following-hindu-muslim-clashes

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement