Selasa 03 May 2022 17:16 WIB

Paus Fransiskus Minta Pertemuan dengan Vladimir Putin

Paus Fransiskus telah mengajukan permintaan pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Paus Fransiskus telah mengajukan permintaan pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin. Ilustrasi.
Foto: AP/Andrew Medichini
Paus Fransiskus telah mengajukan permintaan pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, VATIKAN – Paus Fransiskus telah mengajukan permintaan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Ia hendak mencoba menghentikan  konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

“Saya bersedia pergi ke Moskow. Tentu saja, pemimpin Kremlin perlu mengizinkan pembukaan. Kami belum menerima tanggapan dan kami masih bersikeras,” kata Paus Fransiskus dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Italia, Corriere Della Sera, yang diterbitkan pada Selasa (3/5/2022).

Baca Juga

Ada kekhawatiran pada diri Paus Fransiskus bahwa Putin menolak bertemu dengannya. “Saya khawatir Putin tidak dapat dan tidak ingin mengadakan pertemuan ini saat ini. Tapi bagaimana Anda tidak bisa menghentikan begitu banyak kebrutalan?” ucapnya.

Akhir pekan lalu, Paus Fransiskus kembali menyuarakan kritik tajam atas konflik di Ukraina. Dia menyoroti situasi di kota Mariupol yang disebutnya dibombardir secara biadab. “Pikiran saya langsung tertuju ke kota Mariupol di Ukraina, kota Maria, yang dibombardir dan dihancurkan secara biadab,” kata Paus Fransiskus kepada ribuan jemaat yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus, Ahad (1/5/2022).

Meski tidak secara eksplisit menyebut Rusia, pernyataan Paus Fransiskus dinilai sebagai kritik implisit yang dilayangkan untuk Moskow. “Saya menderita dan menangis memikirkan penderitaan penduduk Ukraina, khususnya yang paling lemah, orang tua, anak-anak,” ujar Paus Fransiskus.

Dia pun mempertanyakan apakah segala kemungkinan telah dilakukan untuk mengakhiri pertempuran di Ukraina lewat dialog. “Sementara kita menyaksikan kemunduran kemanusiaan yang mengerikan, saya bertanya pada diri sendiri, bersama dengan banyak orang lain yang menderita, apakah perdamaian benar-benar dicari, apakah memang ada kemauan untuk menghindari eskalasi militer dan verbal yang berkelanjutan, apakah semuanya dilakukan untuk membungkam senjata,” ucapnya.

Saat berpidato di Lapangan Santo Petrus dalam rangka peringatan Paskah oleh umat Kristen Ortodoks dan Katolik di ritus Timur pada 24 April lalu, Paus Fransiskus menyerukan gencatan senjata di Ukraina. Pada kesempatan itu, dia menyadari bahwa 24 April 2022 menandai konflik Rusia dengan Ukraina telah genap berlangsung selama dua bulan.

“Sangat menyedihkan bahwa pada hari-hari ini, yang merupakan hari paling suci dan paling khusyuk bagi semua orang Kristen, deru senjata yang mematikan terdengar daripada suara lonceng yang mengumumkan Kebangkitan; dan menyedihkan bahwa senjata semakin menggantikan kata-kata,” ucapnya, dikutip laman United Press International.

Dia mengungkapkan meski telah berlangsung dua bulan, alih-alih mereda, peperangan di Ukraina justru kian memburuk. “Saya memperbarui seruan saya untuk gencatan senjata Paskah, tanda minimal dan nyata dari keinginan untuk perdamaian. Serangan itu harus dihentikan, guna menanggapi penderitaan penduduk yang kelelahan; serangan harus dihentikan,” ujar Paus Fransiskus.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement